Kampanye di Malang, Risma Siapkan Program Kesejahteraan untuk Buruh Pabrik di Jatim

Kampanye di Malang, Risma Siapkan Program Kesejahteraan untuk Buruh Pabrik di Jatim

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 21:38
share

MALANG, iNews.id - Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) nomor urut 3 Tri Rismaharini melakukan kampanye dengan berkunjung ke pabrik rokok di Kota Malang, Kamis (3/10/2024). 

Kedatangan mantan menteri sosial (Mensos) itu disambut antusias ribuan karyawan. Risma kemudian melihat langsung proses pembuatan rokok di Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. 

Di hadapan para buruh, Risma mengaku sudah menyiapkan program kesejahteraan untuk para buruh pabrik. 

Mantan Wali Kota Surabaya itu juga memastikan langsung menghitung daerah mana saja yang sudah tersentuh program cakupan kesehatan semesta (UHC).

"Kota Malang ternyata sudah UHC, tetapi saya akan cek lagi data-datanya. Kalau ada yang belum masuk UHC saya sudah menghitung untuk alokasi seperti apa nanti," kata Risma.

Menurut Risma, semua buruh seharusnya sudah terdaftar di dalam data UHC, sebab itu merupakan hak yang wajib dipenuhi. Sebab program UHC itu diperuntukkan gratis bagi seluruh warga.

"Kalau sudah UHC mestinya untuk kesehatan itu bisa gratis karena itu peruntukannya bagi seluruh warga," ucapnya.

Selain itu, Risma mengatakan pernah mengusulkan penurunan tarif cukai rokok semasa menjabat sebagai Menteri Sosial, khususnya pada kategori sigaret kretek tangan (SKT).

Sebab dirinya menilai jika cukai naik, maka secara langsung memberikan dampak pada operasional pabrik rokok SKT dan selanjutnya bisa mempengaruhi keberlangsungan kesejahteraan para buruh.

"Jadi karena itu saya sempat mengajukan penurunan cukai, alhamdulillah saat itu disetujui oleh Bu Menteri Keuangan," ucap Risma.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nur Hamidah-Lukmanul Khakim dengan nomor urut 1, yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lalu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dengan nomor urut 2, yang didukung oleh PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda, dan Partai Prima.

Paslon terakhir yakni Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta atau yang akrab disapa Gus Hans, dengan nomor urut 3, yang didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Hanura, dan Partai Ummat.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024. Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Topik Menarik