Atraksi Militer akan Disuguhkan di HUT ke-79 TNI, Manuver Jet Tempur-Pasukan Berkuda

Atraksi Militer akan Disuguhkan di HUT ke-79 TNI, Manuver Jet Tempur-Pasukan Berkuda

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 11:05
share

JAKARTA, iNews.id - Serangkaian atraksi bakal disuguhkan di puncak acara hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada 5 Oktober mendatang. Salah satunya yakni manuver jet tempur.

Berdasarkan pantauan di lapangan, persiapan gladi bersih pun digelar Kamis (3/10/2024), dengan memperlihatkan atraksi seluruh satuan dari tiga matra angkatan.

Adapun rangkaian acara diawali dengan pertunjukan marching band, disusul atraksi atraksi Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) yang terdiri dari lima Pesawat Udara (Pesud) Beechcraft G-36 Bonanza. 

Tim RaLF terlihat mengudara dengan membentuk berbagai macam manuver dalam formasi yang indah. Mereka membelah langit Jakarta, dan menari indah tepat di atas Monas.

Lalu, akan digelar prosesi upacara perayaan HUT ke-79 TNI yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Setelah upacara selesai dilaksanakan, ada atraksi terjun payung dari 200 personel gabungan TNI. Mereka nampak mewarnai langit Jakarta dan mengelilingi Monas, kemudian mendarat tepat di depan panggung utama yang berbentuk Istana Negara IKN.

Gladi bersih TNI di Monas (Foto: Riana Rizkia)
Gladi bersih TNI di Monas (Foto: Riana Rizkia)

Penampilan pun dilanjutkan dengan demo sebanyak 90 pasukan berkuda, kemudian ada atraksi dari pendaki serbu (Dakibu) dan Beladiri Taktis (BDT). Lalu, demo drone PAM VVIP Republik Indonesia oleh Satuan Kopassus.

Acara semakin meriah ketika penonton disuguhkan penampilan Aksi para pilot TNI Angkatan Udara (AU) yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT), mempersembahkan manuver-manuver memukau di langit Jakarta.

Setelah penampilan atraksi selesai, acara dilanjutkan Defile Pasukan yang menampilkan barisan pasukan, kemudian ada juga parade alutsista (alat utama sistem persenjataan) TNI dari tiga matra. Dengan rincian alutsista, TNI AD sebanyak 107, TNI AL 120, dan TNI AU 44 Alutsista.

Semua alutsista ini ditampilkan selama rangkaian parade yang nantinya akan disaksikan masyarakat sebagai simbol kekuatan pertahanan negara yang dimiliki TNI.

Topik Menarik