Google Doodle Hari Ini Kenang A.T Mahmud, Siapa Dia?

Google Doodle Hari Ini Kenang A.T Mahmud, Siapa Dia?

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 10:43
share

JAKARTA, iNews.id - Google Doodle hari ini menampilkan sosok yang mungkin sudah tidak asing bagi sejumlah orang. Dia adalah Abdullah Totong Mahmud atau lebih dikenal A.T Mahmud.

Google menampilkan wajah A.T Mahmud pada halaman pencarian. Diselipkan juga sejumlah elemen kecil seperti gitar dan orang-oran yang menyanyi. A.T Mahmud dikenal sebagai penulis lagi.

Minatnya dalam menyanyi dan menari muncul pada usia dini. Dia mulai resmi belajar musik saat berusia 11 tahun. Saat kembali ke Indonesia, Mahmud menjadi guru di School for Kindergarten Teachers.

A.T Mahmud mulai menulis lagu untuk murid-muridnya. Dia pun menulis lagu Cicak Cicak di Dinding dan dia berbagi jingle itu dengan sesama guru.

Sepanjang kariernya, Mahmud menulis lebih dari 500 lagu anak-anak yang berbeda termasuk hits seperti Pelangi (Rainbow), Ambilkan Bulan (Take the Moon), dan Anak Gembala (Shepherd Boy).

Dia juga menjadi pembawa acara dua acara televisi musikal yang disebut Lagu Pilihanku (Song of My Choice) dan Ayo Menyanyi (Let's Sing) selama 20 tahun.

Kontribusi Mahmud terhadap musik dan pendidikan anak-anak membuatnya mendapatkan Artists Award dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Penghargaan Prestasi Seumur Hidup AMI, dan Medali Bintang Budaya Parama Dharma. 

Dia juga menulis sebuah memoar otobiografi berjudul A. T. Mahmud Meniti Pelangi: Sebuah Memoir pada tahun 2003

Topik Menarik