Kesaksian Warga Kuatnya Guncangan Gempa Sukabumi, Kopi di Meja sampai Tumpah

Kesaksian Warga Kuatnya Guncangan Gempa Sukabumi, Kopi di Meja sampai Tumpah

Terkini | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 09:34
share

SUKABUMI, iNews.id - Masyarakat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dikejutkan dengan gempa bumi yang terjadi Rabu (2/10/2024) pukul 08.09 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi ini berkekuatan M4,5 yang berusat di darat.

Guncangan gempa ini dirasakan kuat oleh masyarakat dengan durasi cukup lama. Para warga yang sedang mempersiapkan aktivitas harian di pagi hari pun sempat dibuat panik.

Salah satunya seperti yang dirasakan Dian Herdiansyah (29) warga Perumahan Pesona Idaman, Jalan Gandasoli-Cireunghas, Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dia mengaku merasakan guncangan gempa yang kuat dan lama.

"Saya sebelum berangkat bekerja, ngopi dulu di depan teras rumah. Ketika gempa terjadi kopi dalam gelas sampai tumpah ke meja akibat guncangan gempa yang terasa agak lama," ujar Dian kepada iNews, Rabu (2/10/2024).

Berbeda dengan di wilayah Kota Sukabumi, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Novian Rahmat mangaku dia tidak merasakan adanya getaran gempa.

"Sampai saat ini belum ada laporan terdampak. Saya berada di kantor tidak terasa ada getaran," ujar Novian Rahmat.

Sementara BMKG mencatat titik episenter gempa terletak pada titik koordinat 7.35 LS dan 106.49 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 40 km Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 36 km. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangan tertulisnya.

Topik Menarik