Iran Serang Israel, 20 Jet Tempur F-35 Zionis Dilaporkan Hancur

Iran Serang Israel, 20 Jet Tempur F-35 Zionis Dilaporkan Hancur

Berita Utama | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 07:20
share

TEHERAN, iNews.id - Media Iran menyebut serangan ratusan rudal ke Israel pada Selasa (1/10/2024) malam waktu setempat menghancurkan sedikitnya 20 jet tempur F-35. Serangan tersebut, salah satunya ditujukan ke pangkalan udara Israel yang berada di gurun Nagev. 

Pangkalan tersebut diketahui menjadi markas skuadron jet tempur F-35 Israel.

Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengonfirmasi serangan ditargetkan ke fasilitas militer dan keamanan utama Israel.

Iran disebutkan telah meluncurkan sekitar 400 rudal ke Israel. Ini berarti dua kali lipat dari serangan pertama Iran ke Israel pada pertengahan April lalu yang melibatkan sekitar 220 rudal dan drone.

Meski demikian Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membantah serangan Iran pada Selasa malam menimbulkan kerusakan signifikan. Serangan Iran tidak merusak kemampuan tempur Angkatan Udara Israel.

"Ini bukan serangan demonstratif, setiap roket membawa kematian dan ratusan kilogram bahan peledak. Berkat kerja sistem pertahanan udara, kerusakannya minimal," bunyi pernyataan IDF, seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (2/10/2024).

Disebutkan serangan itu ditujukan ke bagian tengah dan selatan Israel, namun tidak menimbulkan kerusakan signifikan.

"Ada banyak laporan dari pihak Iran, jadi penting untuk ditegaskan, tidak ada kerusakan pada kemampuan tempur angkatan udara. Pesawat dan semua sistem pertahanan udara terus beroperasi seperti biasa," kata IDF.

IRGC sebelumnya menegaskan serangan ke Israel itu sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, dan komandan senior IRGC Abbas Nilforoushan.

Topik Menarik