Rano Karno Sebut Timnas Indonesia Butuh Pemain Naturalisasi

Rano Karno Sebut Timnas Indonesia Butuh Pemain Naturalisasi

Olahraga | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 22:41
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta nomor urut 3, Rano Karno alias Bang Doel menyebut Timnas Indonesia membutuhkan pemain naturalisasi. Sebab Jay Idzes dan kolega bisa mendongkrak prestasi Garuda di level internasional dalam jangka pendek.

"Kalau saya enggak ngedukung, enggak diresmikan, naturalisasi. Cuman memang proses naturalisasi itu harus ada mekanismenya, enggak harus langsung diterima," kata Rano usai diskusi publik dengan tema 'Peran M.H Thamrin dalam Sepakbola Jakarta' di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2024).

"Naturalisasi itu diperlukan karena memang kita memerlukan menghadapi event yang lebih tinggi," ujarnya.

Rano menambahkan saat masih berada di Komisi X DPR RI pernah meminta jangan sampai penambahan pemain naturalisasi menghalangi kans para pemain muda beraksi.

Dia berharap kompetisi usia muda tetap harus diperhatikan sebagai langkah jangka panjang memperkuat Timnas Indonesia.

"Memang waktu itu saya memberikan catatan, tolong tetap dong, anak-anak kita jangan putus, untuk juniornya, kan," ucapnya.

"Alhamdulillah sekarang U17 bagus, U20 bagus. Itu sebetulnya adalah cikal bakal dari naturalisasi yang memang diciptakan. Yang luar biasa sebetulnya anak-anak naturalisasi ini, kecintaan dia terhadap Indonesia jauh lebih hebat," ujarnya.

Timnas Indonesia baru saja mendapatkan amunisi baru. Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Mereka tengah mengurus perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI. Hilgers dan Reijnders diharapkan bisa bermain saat melawan Bahrain dan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga pada 10 dan 15 Oktober.

Topik Menarik