Gagal Dapatkan Mats Deijl, Timnas Malaysia Fokus Naturalisasi 2 Pemain Liga Inggris

Gagal Dapatkan Mats Deijl, Timnas Malaysia Fokus Naturalisasi 2 Pemain Liga Inggris

Olahraga | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 18:01
share

KUALA LUMPUR, iNews.id - Timnas Malaysia gagal mendapatkan Mats Deijl. Tim berjuluk Harimau Malaya itu kini fokus menaturalisasi dua pemain Liga Inggris.

Deijl merupakan bek Klub Belanda Go Ahead Eagles. Sayangnya rencana Malaysia menaturalisasi sang defender terbentur restu FIFA.

Merujuk aturan Pasal 8 yang Mengatur Penerapan Statuta FIFA terkait kelayakan mewakili timnas, setiap pemain keturunan bisa mewakili negara jika memenuhi empat syarat.

Pertama, pemain tersebut lahir di negara tersebut. Kedua, ibu dan ayah pemain lahir di negara tersebut. Lalu ketiga, kakek dan nenek pemain lahir di negara tersebut. Terakhir atau keempat, pemain tersebut tinggal di negara tersebut selama lebih dari lima tahun.

Sayangnya Deijl tidak memenuhi syarat tersebut. Sebab darah keturunannya tidak dari nenek atau kakek, tetapi dari buyut yang lahir di Singapura saat masih tergabung dengan wilayah Malaysia. 

FAM tidak menyerah begitu saja usai gagal menaturalisasi Mats Deijl. Mereka terus berusaha mengejar pemain keturunan lain untuk dinaturalisasi guna memperkuat Timnas Malaysia.

Media Malaysia Makan Bola mengklaim kini Harimau Malaya fokus menaturalisasi dua pemain Liga Inggris kasta kedua alias Divisi Championship yakni Josh Brownhill dan Zian Flemming.

Keduanya bermain untuk Burnley. Akun X pencari pemain keturunan Malaysia, frfuturetalents, yang mengklaim jika proses administrasi naturalisasi Josh Brownhill dan Zian Flemming nyaris rampung.

Bahkan kedua pemain tersebut diprediksi debut bersama Timnas Malaysia pada November 2024. 

Topik Menarik