Kisah Muhamat Amin, Veteran 114 Tahun yang Pernah Pikul Tandu Jenderal Soedirman

Kisah Muhamat Amin, Veteran 114 Tahun yang Pernah Pikul Tandu Jenderal Soedirman

Terkini | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 16:01
share

LAMPUNG TIMUR, iNews.id - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI, seorang veteran berusia 114 tahun menerima hadiah bedah rumah. Veteran bernama Muhamat Amin itu pernah menjadi pemikul tandu Jenderal Soedirman.

Meskipun baru pada usia lebih dari satu abad ini dia merasakan hunian yang layak, namun dia tetap bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam mewujudkan mimpinya.

"Terima kasih kepada saudara kita semua," ujar Muhamat Amin di rumahnya, Selasa (1/10/2024). 

Hadiah ini diperoleh setelah Muhamat Amin  viral di media sosial. Pria yang akrab dipanggil Mbah Jumarin itu, sekarang dapat tersenyum lebar. Keinginannya untuk memperbaiki rumah akhirnya terealisasi tahun ini. 

Hunian layak untuk Muhamat Amin akan dibangun oleh anggota TNI, Polri dan masyarakat sekitar di Desa Brawijaya, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur.

Selain itu, Muhamat Amin juga menerima bantuan pendanaan bedah rumah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur. Dia bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan mimpinya sebelum menghadap Tuhan yang Maha Esa.

Muhamat Amin, lahir pada 1910. Pada usia 18 tahun dia mulai membela Tanah Air melawan penjajah dengan bergabung bersama Laskar Rakyat di Magelang, Jawa Tengah. Dia mengaku sempat mendampingi Jenderal Soedirman hingga menjadi pemikul tandu Panglima Besar tersebut.

Dandim 0429 Lampung Timur Letkol Arm Arief Budiman mengatakan, proses pembongkaran dilakukan hari ini. Kebetulan kata dia, hari ini bertepatan dengan HUT TNI yang ke-79.

"Pagi hari ini kami akan melaksanakan perehaban rumah dari salah satu pejuang veteran yang dulunya adalah sebagai pemanggul tandu dari Pak Soedirman dan ini sudah ada upaya juga dari Forkopimda dari kami untuk meMberikan bantuan material yang hari ini  kami melakukan pembongkaran rumah," ujar Letkol Arm Arief Budiman di lokasi.

Topik Menarik