Tok! DPR Setujui 5 RUU Kerja Sama Pertahanan Negara Disahkan Jadi Undang-undang

Tok! DPR Setujui 5 RUU Kerja Sama Pertahanan Negara Disahkan Jadi Undang-undang

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 12:14
share

JAKARTA, iNews.id - Rapat paripurna DPR menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) kerja sama pertahanan dengan lima negara disahkan menjadi undang-undang, Senin (30/9/2024). Kerja sama pertahanan yang diatur dalam kelima RUU itu dengan India, Brasil, Emirat Arab, Kamboja hingga Prancis.

Persetujuan tercapai bermula kala Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid memaparkan hasil pembahasan RUU kerja sama pertahanan dengan negara lain pada Kamis (26/9/2024). 

"Apakah lima RUU tentang ratifikasi perjanjian internasional bidang pertahanan sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas dapat disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang?" ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam rapat paripurna yang langsung disambut seruan setuju dari para peserta.

Selanjutnya daftar lima RUU kerja sama pertahanan yang disahkan dalam rapat paripurna hari ini.

Adapun kelima RUU kerja sama pertahanan dengan negara lain yang disetujui menjadi undang-undang sebagai berikut:

1. RUU Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik India mengenai Kerja Sama dalam Bidang Pertahanan.

2. RUU Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Federatif Brasil tentang Kerja Sama Terkait Pertahanan.

3. RUU Pengesahan Memorandum saling Pengertian antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan Kementerian Pertahanan Persatuan Emirat Arab mengenai kerja sama di bidang pertahanan.

4. RUU Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Kamboja tentang Kerja Sama di Bidang Pertahanan.

5. RUU Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Prancis tentang Kerja Sama di Bidang Pertahanan.

Topik Menarik