Mobil Listrik Neta X Akhirnya Meluncur di Indonesia, Intip Harganya

Mobil Listrik Neta X Akhirnya Meluncur di Indonesia, Intip Harganya

Otomotif | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 20:46
share

JAKARTA, iNews.id - Mobil listrik Neta X akhirnya meluncur di Indonesia. Mobil sport utility vehicle (SUV) ini diperkenalkan perdana dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Berapa harga mobil ini? PT Neta Auto Indonesia merilis Neta X dalam dua varian. Masing-masing Neta X 500 Elite dibanderol Rp428 juta dan Neta X 500 Supreme Rp448 juta untuk on the road (OTR) Jakarta. 

"Setelah diperkenalkan ke hadapan publik Indonesia pada ajang GIIAS 2024, kini waktu yang tepat bagi kami mengumumkan harga resmi Neta X. Melalui Neta X, kami menghadirkan Intelligent Electric SUV dengan teknologi pintar inovatif yang kami targetkan untuk keluarga muda," ujar Vice President of Neta Auto, Alan Zhou saat peluncuran di Jakarta, Jumat (27/9/2024). 

"Peluncuran Neta X tentunya akan memberikan motivasi bagi kami, untuk terus menghadirkan kendaraan listrik dengan teknologi dan inovasi terbarukan sebagai solusi mobilitas terdepan bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Secara spesifikasi, eksterior Neta X menampilkan fascia terinspirasi dari gambar-gambar robot atau yang disebut Mecha-Design. Dipadukan dengan Avant-garde design, seperti L-Shape LED DRL, Camera 360 di bagian depan, samping dan belakang, serta penggunaan Full LED Headlights dengan Intelligent High Beam yang membantu pencahayaan jalan menjadi terang, namun tidak mengganggu pandangan dari pengendara yang berada di arah berlawanan. 

Untuk bagian belakang, Neta X sudah dilengkapi Continuous Tail-light serta Electric Power Tailgate yang dapat membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis sehingga lebih praktis.

SUV medium ini memiliki dimensi panjang 4.619 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.628 mm dengan wheelbase 2.770 mm. Ini berdampak terhadap ruang kabin yang lapang untuk 5-penumpang dengan One-piece Affinity Seat, yaitu fitur pengaturan jok elektrik di sisi pengemudi maupun penumpang baris depan dengan ketebalan yang dirancang untuk memberikan dukungan optimal pada punggung dan bahu. 

Begitu juga bangku baris belakang memiliki ketebalan 92 mm yang sudah dilengkapi lumbar support. Ditambah kapasitas bagasi Neta X mencapai 508 liter dan bisa diperluas menjadi 1.388 liter yang dapat menampung barang setiap anggota keluarga.  

Neta X memiliki desain interior cerdas berpadu karakter premium berkat sentuhan bahan soft leather dan alcantara yang memberikan kenyaman tingkat atas bagi penumpang maupun pengemudi. Bahkan area yang memiliki frekuensi tinggi tersentuh sudah dilapisi 100 persen bahan kulit lembut guna meningkatkan level kenyamanan berkendara. 

Seluruh varian Neta X tersemat Panoramic Sunroof sebagai standar, guna memberikan pemandangan yang luas dan meningkatkan pencahayaan alami.

Untuk fitur keselamatan, Neta X varian 500 Supreme sudah dipersenjatai fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) Level 2 yang didukung 11 High Precision Sensor di sekeliling mobil. Ini menghasilkan 15 fitur ADAS, di antaranya Full Speed Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Emergency Braking (AEB) dan Lane Keep Assist (LKA) yang dapat memberikan proteksi maksimal saat berkendara.

Bagian depan kabin sudah dilengkapi Wireless Phone Charging, Intelligent Central Control Screen berukuran 15.6 inch yang terkoneksi dengan Neta Auto App dan tampilannya dapat diatur menjadi Split-screen Design, serta Floating D-shaped Steering Wheel. Neta X juga sudah tersemat fitur vehicle-to-load (V2L) dan Cockpit Cerdas Terhubung. 

Secara performa, Neta X memiliki output maksimal 120 kW (175 hp) dengan torsi 210 Nm, dan sanggup menempuh jarak hingga 480 Km dalam sekali pengisian daya penuh. Sumber tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut berasal dari baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 63.56 kWh yang sudah dilengkapi Liquid Cooling HEPT 4.0 dan bersertifikat IP68+ Waterproof dan Dustproof, sehingga aman melintasi genangan air serta jalanan berdebu. 

Baterai yang tersemat di Neta X juga sudah memiliki fitur Ultra Fast Charging hingga 105 kW. Pengisian daya dari 30 ke 80 persen bisa dituntaskan dalam 30 menit. 

Neta X sudah mengadopsi port charging model Combined Charging System (CCS2), salah satu port charging yang paling umum dan paling mudah ditemui pada SPKLU di Indonesia untuk pengisian reguler maupun fast charging.

Diketahui, Neta telah memulai pengiriman unit kepada 500 konsumen pertama Neta X yang telah melakukan SPK selama masa pre-book sejak GIIAS 2024.

Topik Menarik