Arti Huruf ZX di Motor Kawasaki? Tunggangan Sangar Berfairing

Arti Huruf ZX di Motor Kawasaki? Tunggangan Sangar Berfairing

Otomotif | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:53
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang penasaran arti huruf ZX di motor kawasaki? Kode ZX pada motor Kawasaki merupakan singkatan yang merujuk pada dua karakteristik utama motor tersebut.

Seperi diketahui Kawasaki memiliki banyak model motor sport. Salah satu yang banyak disukai penggemar kuda besi adalah model ZX

Arti Huruf ZX di Motor Kawasaki?

Huruf Z pada motor sport Kawasaki menunjukkan motor tersebut memiliki mesin empat silinder yang sangat responsif dan tenaga besar. Sementara itu, huruf X mengacu pada desain full fairing.

Fairing adalah bodi motor yang menutupi bagian depan hingga samping. Komponen ini berfungsi mengurangi hambatan angin dan meningkatkan aerodinamika. Kombinasi fairing dengan konfigurasi mesin empat silinder membuat motor ZX menjadi sangat aerodinamis dan lincah ketika melaju pada kecepatan tinggi.

Beberapa model motor sport Kawasaki yang masuk dalam keluarga ZX series, antara lain Ninja ZX-25R, Ninja ZX-4RR, Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-10R. Bahkan, Ninja H2 termasuk keluarga ZX, karena punya kode mesin ZXT00N.

Uniknya ZX-130, si Baby Ninja meski cuma pakai mesin satu silinder dan desainnya motor bebek menggunakan kode model ini. Namun bila ditelusuri ZX-130 sebenarnya punya kode AN, bukan ZX. Lengkapnya Kawasaki AN130B untuk versi pelek biasa dan AN130C untuk versi pelek palang (ZX-130VR).

Topik Menarik