Raja Felipe VI Tak Diundang ke Upacara Pelantikan Presiden Meksiko, Spanyol Murka

Raja Felipe VI Tak Diundang ke Upacara Pelantikan Presiden Meksiko, Spanyol Murka

Berita Utama | inews | Kamis, 26 September 2024 - 02:15
share

MADRID, iNews.id - Pemerintah Spanyol marah ke Meksiko. Pasalnya, negeri Amerika Latin tidak mengundang Pemimpin Monarki Spanyol, Raja Felipe VI, ke upacara pelantikan Presiden terpilih Meksiko, Claudia Sheinbaum, minggu depan.

"Pemerintah Spanyol menganggap pengecualian Yang Mulia Raja (Felipe) dari undangan pelantikan Presiden terpilih Meksiko, Claudia Sheinbaum Pardo, pada tanggal 1 Oktober di Mexico City tidak dapat diterima," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Spanyol, Rabu (25/9/2024).

Karena alasan itu, Madrid pun memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam pelantikan Sheinbaum di level pejabat mana pun.

Presiden Meksiko yang akan lengser, Andres Manuel Lopez Obrador, dan raja Spanyol memiliki sejarah panjang perseteruan diplomatik. Pada 2019, Lopez Obrador meminta Felipe untuk secara resmi meminta maaf atas kejahatan kolonial yang dilakukan Spanyol selama penaklukan Meksiko pada abad ke-16. 

Akan tetapi, Pemerintah Spanyol menolak memenuhi permintaan itu. Hal tersebut menyebabkan ketegangan hubungan antara kedua negara.

Topik Menarik