Timur Tengah Memanas, China Janji Dukung Iran Jaga Kedaulatan dari Gangguan Pihak Luar

Timur Tengah Memanas, China Janji Dukung Iran Jaga Kedaulatan dari Gangguan Pihak Luar

Terkini | inews | Rabu, 25 September 2024 - 16:36
share

NEW YORK, iNews.id – Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, berjanji untuk mendukung Iran dalam menjaga keamanannya terhadap pihak luar. Sikap tersebut disampaikan Wang saat bertemu Presiden Iran, Masoud Pezeshkian, di New York, AS, pekan ini.

AFP, dengan mengutip Kementerian Luar Negeri China, pada Rabu (25/9/2024) ini melansir bahwa pertemuan Wang dan Pezeshkian berlangsung di sela-sela Sidang Umum tahunan PBB. Wang berjanji bahwa Beijing  akan selalu menjadi mitra yang dapat dipercaya bagi Teheran.

“China akan terus mendukung Iran dalam menjaga kedaulatan, keamanan, integritas wilayah, dan martabat nasionalnya,” kata Wang pada Selasa (24/9/2024), menurut pernyataan Kemlu China.

Dalam pernyataan itu, Beijing juga menentang kekuatan luar yang mencampuri urusan dalam negeri Iran dan menerapkan sanksi atau tekanan.

Konflik antara Israel dan Hizbullah, gerakan militan Lebanon yang didukung oleh Iran, telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir. Lebanon mengatakan serangan Israel menewaskan sedikitnya 558 orang pada Senin (23/9/2024) lalu.

Iran, yang dianggap oleh Israel sebagai musuh bebuyutannya, menjadi aktor berpengaruh di Timur Tengah. Teheran mendukung kelompok-kelompok pejuang bersenjata di kawasan tersebut, termasuk Hamas di Gaza dan Hizbullah di Lebanon.

China adalah mitra dekat Iran sekaligus mitra dagang terbesarnya. Beijing juga menjadi pembeli utama minyak Teheran yang terkena sanksi Barat.

Kedua negara bersahabat itu sering menghadapi tekanan Barat dalam berbagai bentuk sanksi. Salah satu sanksi terbaru dijatuhkan Amerika Serikat dan sekutunya di Eropa karena sikap Iran dan China yang lunak terhadap agresi militer Rusia ke Ukraina.

Topik Menarik