Update iOS 18 Bikin Baterai Boros, Apa yang Harus Dilakukan?

Update iOS 18 Bikin Baterai Boros, Apa yang Harus Dilakukan?

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 07:03
share

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah pengguna iPhone mengeluh boros baterai usai update iOS 18. Ada sejumlah upaya yang dapat dilakukan para pengguna iPhone yang mengalami baterai boros. 

iOS 18 telah dirilis dan tersedia di ratusan juta perangkat di seluruh dunia. Banyak pengalaman dibagikan pengguna iPhone, termasuk yang tidak menyenangkan.

Sejumlah pengguna iPhone mengatakan mereka mengalami dampak buruk dari update. Tidak hanya mendapatkan waktu baterai yang lebih sedikit, tapi juga kesehatan baterai mereka menurun dratis. 

Bahkan di X, pengguna mengeluh mereka menyesal melakukan update karena pembaruan tersebut konon “menguras” baterai ponsel , dan perangkat mereka yang kepanasan setelah diinstal.

"Saya memperbarui perangkat lunak saya ke iOS 18 dan persentase baterai saya turun begitu cepat," tulis seorang pengguna X, melalui Daily Mail. 

Menurut ZDNet, pengguna iPhone bisa mencoba rebooting perangkat mereka dan memperbarui aplikasi untuk sementara waktu guna mengatasi masalah tersebut. Pengguna iPhone juga direkomendasikan menurunkan kecerahan layar, mengatur ulang pengaturan jaringan, menggunakan Dark Mode atau mematikan Wi-Fi Assist, sebuah fungsi yang secara otomatis beralih ke data seluler saat Wi-Fi terlalu lambat.

Daya tahan baterai yang buruk dapat mengindikasikan kesehatan baterai menurun, yang dapat dengan mudah diperiksa di aplikasi Setting iPhone di bawah tab "Baterai"  dan penggantian baterai dapat memperbaiki masalah tersebut.

Seiring berjalannya waktu, masalah tersebut akan teratasi dengan sendirinya setelah update selesai. Terkadang, pengguna harus menunggu hingga update software lain tersedia agar bug dapat diperbaiki. 

Update iOS 18 yang sangat dinantikan ini memberi pengguna lebih banyak kemampuan penyesuaian, meninggalkan tata letak kotak pada layar beranda dan membiarkan pengguna menempatkan aplikasi di mana pun mereka mau, bahkan mengubah warna dan ukuran ikon.

Topik Menarik