Bulan Kedua Bakal Mengorbit Bumi dalam Waktu Dekat, Catat Tanggalnya!

Bulan Kedua Bakal Mengorbit Bumi dalam Waktu Dekat, Catat Tanggalnya!

Terkini | inews | Senin, 23 September 2024 - 14:00
share

JAKARTA, iNews.id - Bumi akan mendapatkan Bulan kedua untuk sementara waktu. Ini terjadi saat asteroid kecil mulai mengorbit Planet Bumi. Asteroid itu sendiri sebenarnya sudah ditemukan pada Agustus. 

Asteroid akan menjadi Bulan mini, yang berputar mengelilingi Bumi dalam bentuk tapal kuda mulai 29 September hingga 25 November. Para peneliti di Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System, sistem pemantauan asteroid yang didanai NASA menemukan asteroid itu menggunakan instrumen di Sutherland, Afrika Selatan, dan memberinya lebel 2024 PT5.

Para ilmuwan dari Universidad Complutense de Madrid telah melacak orbit asteroid selama 21 hari dan menentukan jalur masa depannya. Menurut penelitian yang diterbitkan di Research Notes of the AAs, 2024 PT5 berasal dari sabuk asteroid Arjuna, yang mengorbit Matahari. 

Namun tarikan gravitasi Bumi akan menarik 2024 PT5 ke arahnya. Seperti Bulan kita, asteroid akan mengorbit planet Bumi, tapi hanya selama 56,6 hari. sebagaimana dikutip dari CBSNews, Senin (23/9/2024).

Sementara objek non-Bumi lainnya atau NEO, telah memasuki orbit Bumi sebelumnya, beberapa tidak menyelesaikan revolusi penuh Bumi. Namun, beberapa melakukannya dan menjadi Bulan mini.

Sebuah asteroid bernama 2020 CD3 terikat ke Bumi selama beberapa tahun sebelum meninggalkan orbit planet tersebut pada 2020 dan yang lain bernama 2022 NX1 menjadi bulan mini Bumi pada  1981 dan 2022. Asteroid akan kembali lagi pada 2051.

Gravitasi Bumi akan menariknya ke orbit. Kemudian asteroid tersebut akan memiliki energi geosentris negatif, yang berarti dia tidak dapat lepas dari tarikan gravitasi Bumi. Asteroid akan mengorbit Bumi dalam bentuk tapal kuda sebelum kembali ke energi heliosentris, yang berarti akan berputar mengelilingi Matahari lagi, seperti planet-planet lain dan NEO di galaksi kita.

Bahkan setelah meninggalkan orbit, dia akan tetap berada di dekat Bumi selama beberapa Bulan, dan akan melakukan pendekatan terdekatnya pada 9 Januari 2025. Segera setelah itu, asteroid akan meninggalkan lingkungan Bumi hingga lintasannya mengembalikannya ke orbit kita dalam waktu sekitar 30 tahun.

Topik Menarik