4 Pulau Cantik di Indonesia yang Keberadaannya Hampir Tenggelam, Punya Pemandangan Alami

4 Pulau Cantik di Indonesia yang Keberadaannya Hampir Tenggelam, Punya Pemandangan Alami

Travel | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 14:00
share

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara Kepulauan, Indonesia dikenal memiliki gugusan pulau menakjubkan. Pulau-pulau tersebut terlihat cantik dan masih alami. 

Namun, keberadaannya bisa dikatakan hampir tenggelam. Pulau-pulau di Indonesia yang menghadapi risiko hampir tenggelam sebagian besar disebabkan oleh kenaikan permukaan laut, abrasi, dan aktivitas manusia seperti penambangan pasir yang berlebihan. 

Apalagi belakangan ini Pemerintah membuka ekspor pasir laut setelah kebijakan tersebut dilarang selama 20 tahun terakhir. Keputusan pembukaan keran ekspor tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 20 Tahun 2024 tentang Barang yang Dilarang Ekspor.

Aturan tersebut merevisi Permendag 22 Tahun 2023 yang melarang ekspor laut jenis tertentu. Penasaran, di mana pulau-pulau cantik di Indonesia yang Keberadaannya dalam risiko tenggelam? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (20/9/2024).

1. Pulau Pari (Kepulauan Seribu)

Pulau Pari mengalami abrasi parah dan sebagian besar wilayahnya terancam oleh kenaikan permukaan laut. Penduduk lokal telah menyuarakan kekhawatiran, pulau ini bisa tenggelam dalam beberapa dekade mendatang.

Perlu diketahui, Pulau Pari terkenal dengan pantai pasir putih yang membentang indah serta air laut yang jernih bergradasi biru kehijauan. Dikelilingi oleh terumbu karang yang cantik, pulau ini menjadi surga bagi para penyelam dan penggemar snorkeling. Keindahan sunset dan sunrise yang memukau menambah pesona pulau ini, membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan.

2. Pulau-Pulau Kecil di Kepulauan Riau

Beberapa pulau kecil di wilayah ini, seperti Pulau Sebangka dan Pulau Beting, mengalami erosi pesisir yang signifikan, dan ancaman kenaikan air laut menjadi semakin nyata. Meskipun sebagian besar wilayahnya telah tenggelam, Pulau Betet memiliki pemandangan yang eksotis dengan pulau-pulau kecil yang tersisa dan garis pantai yang berkelok-kelok. Alam di sekitarnya memberikan kesan alam liar yang belum tersentuh, serta keindahan laut yang memukau di bawah sinar matahari tropis.

3. Pulau Betet (Kepulauan Seribu)

Pulau ini sudah tidak berpenghuni karena sebagian besar wilayahnya telah tenggelam, dan hanya sebagian kecil yang masih terlihat di atas permukaan laut. Pulau-pulau kecil di sekitar delta Sungai Kapuas terkenal dengan hutan bakau yang lebat dan pemandangan sungai menakjubkan. Keanekaragaman hayati di wilayah ini sangat kaya, mulai dari burung-burung eksotis hingga ikan-ikan tropis yang berenang di air payau. Sunset yang menghampar di atas hutan bakau dan sungai yang luas memberikan nuansa tenang dan damai.

4. Pulau-Pulau di Kalimantan Barat

Beberapa pulau kecil di sekitar delta sungai Kapuas juga berada dalam ancaman tenggelam karena pengikisan dan kenaikan permukaan air laut. Pulau-pulau kecil di sekitar delta Sungai Kapuas terkenal dengan hutan bakau yang lebat dan pemandangan sungai menakjubkan. Keanekaragaman hayati di wilayah ini sangat kaya, mulai dari burung-burung eksotis hingga ikan-ikan tropis yang berenang di air payau. Sunset yang menghampar di atas hutan bakau dan sungai yang luas memberikan nuansa tenang dan damai.

Itulah seputar pulau cantik di Indonesia yang terancam tenggelam. Anda bisa mengunjungi beberapa pulau tersebut sebelum tenggelam.

Topik Menarik