Resep Asinan Mangga Thailand, Rasanya Pedas, Asam dan Manis Bikin Nagih

Resep Asinan Mangga Thailand, Rasanya Pedas, Asam dan Manis Bikin Nagih

Travel | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 10:38
share

JAKARTA, iNews.id - Resep asinan mangga Thailand sangat mudah dibuat dengan bahan yang sederhana. Ya, asinan mangga Thailand belakangan ini sangat populer di kalangan masyarakat

Asinan mangga Thailand atau yang dikenal dengan som tam memiliki rasa asam, manis, dan pedas menggugah selera. Sesuai dengan namanya, hidangan ini dibuat menggunakan bahan utama mangga yang dipotong tipis-tipis dan direndam dalam campuran kuah asam, manis, pedas, yang khas dari cita rasa kuliner Thailand.

Kuahnya terbuat dari campuran air, gula, garam, dan cabai, dengan tambahan saus ikan atau air jeruk limau untuk memberikan rasa gurih dan asam yang lebih kompleks.

Ciri khas dari asinan mangga Thailand adalah perpaduan rasa yang kuat dan segar, cocok sebagai hidangan pembuka atau camilan yang menyegarkan di cuaca panas. Biasanya, disajikan dengan taburan kacang tanah goreng atau cabai bubuk untuk menambah tekstur dan sensasi pedas.

Kali ini, Anda bisa membuat asinan mangga Thailand di rumah dengan bahan sederhana. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mencicipinya. Penasaran, resep dan cara membuatnya? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (20/9/2024).

Resep Asinan Mangga Thailand

Bahan:

2 mangga muda, dikupas dan diiris tipis atau sesuai selera
100 ml air matang
100 gr gula pasir
1 sdm garam
3-4 cabai rawit merah (sesuai selera), dihaluskan
1 sdm ebi, disangrai lalu ditumbuk halus
2 sdm air perasan jeruk nipis (atau lemon)
1 sdm kecap ikan (optional)

Cara membuat:

1. Siapkan mangga: Iris tipis mangga muda yang sudah dikupas dan sisihkan.
2. Buat kuah asinan: campurkan air, gula pasir, garam, dan cabai yang sudah dihaluskan. Aduk hingga gula larut.
3. Tambahkan ebi: masukkan ebi yang sudah disangrai dan ditumbuk, lalu aduk rata.
4. Tambahkan kecap ikan dan jeruk nipis: Jika suka, tambahkan kecap ikan untuk rasa umami, serta air jeruk nipis untuk sensasi segar.
5. Rendam mangga: tuang kuah asinan ke dalam mangga yang sudah diiris. Biarkan selama beberapa jam di dalam kulkas agar bumbu meresap.
6. Sajikan. Asinan mangga siap dinikmati dalam keadaan dingin. 

Itulah resep asinan mangga Thailand. Anda bisa menikmati dengan cita rasa asam, manis, pedas, dan gurih yang menyegarkan. Selamat mencoba!

Topik Menarik