Hore, Harga Pertalite dan Solar Tidak Jadi Naik Kualitas BBM Subsidi Akan Diperbaiki

Hore, Harga Pertalite dan Solar Tidak Jadi Naik Kualitas BBM Subsidi Akan Diperbaiki

Otomotif | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 18:03
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memutuskan tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Sebaliknya, pemerintah bakal memperbaki kualitas BBM sehingga dampak emisi gas buang bisa dikurangi.

Seperti diketahui, saat ini jenis BBM yang disubsidi pemerintah adalah Pertalite dan Solar. Kedua jenis BBM itu memiliki kandungan kurang memenuhi standar kualitas sehingga perlu diperbaiki.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Martim dan Investasi (Marves), Rachmat Kaimuddin mengatakan kandungan sulfur Pertalite ada di angka 500 ppm. Sementara standar yang dianjurkan dalam aturan adalah 50 ppm.

"Harga enggak naik, kualitasnya yang kita perbaiki. Ini tidak seperti 2022 yang kita naikkan harga BBM subsidi. Ini bener-bener kita mau ada perbaikan kualitas tapi tidak ada beban APBN," kata Kaimuddin di Gedung Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2024).

Namun, Kaimuddin menyampaikan BBM subsidi dengan kandungan sulfur yang tinggi nantinya akan dihilangkan secara bertahap. BBM tersebut akan diganti dengan sulfur yang lebih rendah sehingga kualitasnya lebih baik tapi harga jualnya tetap sama.

Kaimuddin meminta kepada Pertamina untuk mempersiapkan kilang-kilang minyak untuk memproduksi BBM rendah sulfur. Untuk tahap awal, produknya akan dilakukan secara bertahap dengan kilang yang tersedia.

"Kilang Pertamina ada enam plus impor. Jadi dari kilang itu bisa keluar dua jenis BBM, jadi dua kali enam ada 12 timeline. Misal satu sampai enam produksi solar, tujuh sampai 12 bensin. Nanti ditanya (ke Pertamina) 1 sampai 12 siapnya kapan," ujarnya.

Diketahui, kendaraan bermotor dinilai menjadi penyumbang polusi terbesar di Indonesia. Tercatat, kendaraan bermotor menyumbang sebesar 57 persen dari seluruh penyebab polusi udara di Tanah Air.

Topik Menarik