Media AS Sebut Maarten Paes Penjahat Sekaligus Pahlawan usai Timnas Indonesia Tahan Arab Saudi

Media AS Sebut Maarten Paes Penjahat Sekaligus Pahlawan usai Timnas Indonesia Tahan Arab Saudi

Olahraga | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 18:32
share

JEDDAH, iNews.id - Media Amerika Serikat menyebut kiper Timnas Indonesia Maarten Paes penjahat sekaligus pahlawan usai laga kontra Arab Saudi. Mereka kagum dengan penampilan penjaga gawang FC Dallas itu.

Maarten Paes melakoni debut manis saat Timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi 1-1 di laga pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga itu digelar di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. 

Skuad Garuda berhasil unggul lebih dulu lewat gol Ragnar Oratmangoen menit ke-19. Setelah itu, The Green Falcons -julukan Timnas Arab Saudi- berhasil menyamakan kedudukan via Musan Aljuwayr (45+3'). 

Dalam pertandingan ini, Maarten Paes dipercaya menjaga gawang Timnas Indonesia sejak awal pertandingan. Kiper FC Dallas itu mencatatkan statistik apik dalam penampilan debutnya. 

Melansir catatan Sofascore, Maarten sukses membukukan lima penyelamatan krusial, dua diantaranya di dalam kotak penalti. Lalu, dia juga berhasil menepis penalti Salem Aldawsari. 

Penalti ini sejatinya merupakan kesalahan dari Maarten Paes. Kiper berusia 26 tahun itu tidak sengaja melanggar pemain Arab Saudi di kotak penalti karena telat membuang bola. 

Meski begitu, Maarten Paes berhasil tanggung jawab atas blunder fatalnya. Mantan kiper Go Ahead Eagles itu sukses melakukan penyelamatan penalti yang gemilang. ESPN pun kagum dengan penyelamatan yang dilakukan Maarten. 

"Dia (Maarten Paes) berdiri tegak, seolah-olah menyambut permainan pikiran, dan, akhirnya, menjadi orang yang menghasilkan momen krusial saat dia melemparkan tubuhnya ke kiri untuk melakukan penyelamatan ketika Al-Dawsari akhirnya memutuskan untuk melepaskan tembakan," tulis ESPN dikutip pada Jumat (6/9/2024). 

ESPN menuliskan, Maarten seperti penjahat yang berubah jadi pahlawan dalam momen tersebut. Sebab setelah blunder itu, Maarten langsung melakukan beberapa penyelamatan krusial di menit akhir. 

"Setelah berubah dari penjahat menjadi pahlawan, Paes kemudian mengangkat dirinya sendiri ke status penyelamat dengan penyelamatan gemilang lainnya di masa tambahan waktu untuk menggagalkan peluang Al-Buraikan satu lawan satu saat Indonesia, pada akhirnya, berhasil meraih hasil imbang yang akan terus dikenang," tulis ESPN. 

Maarten Paes terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut versi Timnas Indonesia. Adapun, untuk selanjutnya, Timnas Indonesia akan bersua dengan Australia. 

Laga tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB. Pertandingan itu bisa disaksikan secara langsung di RCTI. 

Topik Menarik