Buntut Kontroversi Duel Tim Aceh dan Sulteng, PT PLIB Siapkan VAR

Buntut Kontroversi Duel Tim Aceh dan Sulteng, PT PLIB Siapkan VAR

Olahraga | pekanbaru.inews.id | Senin, 16 September 2024 - 13:40
share

JAKARTA, iNewsPekanbaru.id - Laga perempat final yang mempertemukan tim Aceh Sulawesi Tengah (Sulteng) pada olahraga sepak bola PON XXI Aceh-Sumut 2024 menuai kontroversi. Untuk mencegah hal tersebut tidak trejadi lagi, penyelenggara menyiapkan terbosan.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus,  menyatakan pihaknya siap menyediakan Video Assistant Referee (VAR) untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) berikutnya. 

Pernyataan PT LIB ini menyusul terjadinya insiden kontroversial dalam laga perempat final cabang olahraga sepak bola PON XXI Aceh-Sumut 2024 antara Aceh vs Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (14/9/2024) malam. 

Dalam laga di Stadion Haji Dimurthala, Banda Aceh itu terdapat banyak keputusan wasit yang kontroversial. Ada tiga kartu merah yang diberikan wasit kepada pemain tim Sulteng. Wasit juga memberikan dua hadiah penalti untuk Aceh. 

Klimaksnya, bek Sulteng Muhammad Rizki emosi, dan meninju wasit Eko Agus Sugiharto. Pukulan tersebut membuat sang pengadil ambruk dan sempat tak sadarkan diri. 

Insiden itu membuat PT LIB ikut berkomentar dan mengingatkan wasit untuk menjaga integritasnya. Ferry juga menyampaikan, PT LIB siap memberikan dukungan dengan membantu dalam penyediaan VAR agar insiden seperti itu tidak lagi terjadi pada gelaran PON selanjutnya.

“Meski tidak ada wasit Liga 1 di PON 2024, kami akan selalu mengingatkan pentingnya integritas wasit. Berangkat dari insiden kemarin, pada perhelatan PON berikutnya, kami siap memberikan dukungan penuh. Termasuk membantu dalam bentuk penyediaan VAR dan perangkatnya,” tutur Ferry dalam rilis PT LIB, Senin (16/9/2024).

Topik Menarik