Dramatis! Detik-Detik Evakuasi 40 Penumpang KM Samarinda Tenggelam di Anambas

Dramatis! Detik-Detik Evakuasi 40 Penumpang KM Samarinda Tenggelam di Anambas

Terkini | inews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:11
share

ANAMBAS, iNews.id - Beredar video proses evakuasi penumpang Kapal Motor (KM) Samarinda yang tenggelam di Perairan Matak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (26/7/2024). Total penumpang kapal nahas ini mencapai 40 orang.

Dalam video viral terekam detik-detik puluhan penumpang kapal ini terombang-ambing di tengah laut. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok yang mengapung sebelum diselamatkan.

Petugas penyelamat terdengar memberikan komando untuk mendahulukan penumpang anak-anak dan perempuan. Mereka kemudian bergantian naik ke atas kapal dan diminta tenang dan tidak panik.

Dalam peristiwa kecelakaan kapal ini, tiga orang meninggal dunia dan enam lainnya kritis. Sementara sisanya selamat dan sudah dievakuasi.

Kasubsie Siaga dan Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna Budiman mengatakan, KM Samarinda dilaporkan tenggelam pukul 17.20 WIB. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Tarempa menuju Pelabuhan Palmatak dengan membawa 40 orang dan enam motor. Para penumpang rata-rata pekerja di Tarempa yang tinggal di Matak.

Dugaan sementara penyebab kapal tenggelam karena tidak seimbang. Sebab banyak penumpang naik ke atas atap atau palka kapal kayu tersebut hingga terbalik dan tenggelam.

Kami awalnya mendapat laporan dan langsung mengerahkan personel Pos SAR Anambas ke lokasi menggunakan RIB 02. Ada 40 penumpang di kapal itu, dengan tiga korban meninggal dan enam kritis, ujar Budiman, Jumat (26/7/2024).

Informasi diperoleh iNews, identitas tiga korban tewas bernama Siti Aisyah, Reva, dan Yurnalisa. Mereka merupakan warga Matak, Anambas.

Proses penyelamatan ini melibatkan tim SAR gabungan dari Basarnas, Lanal Tarempa bersama unsur SAR TNI-Polri, BPBD Anambas dan lainnya.

Topik Menarik