Arti Masyaallah Tabarakallah, Ungkapan Kekaguman Atas Ciptaan-Nya

Arti Masyaallah Tabarakallah, Ungkapan Kekaguman Atas Ciptaan-Nya

Berita Utama | inews | Senin, 8 Juli 2024 - 00:15
share

JAKARTA, iNews.id - Penting bagi setiap Muslim untuk memahami arti Masyaallah Tabarakallah serta jawaban yang tepat ketika mengucapkannya. Seringkali, kalimat ini diucapkan ketika kita melihat sesuatu yang memukau, indah, atau mengagumkan.

Kalimat "Masyaallah tabarakallah" merupakan gabungan dari dua kata yang memiliki makna yang dalam dan tujuan berbeda. Mari kita telaah lebih lanjut tentang arti dan jawaban yang tepat atas kalimat ini.

Arti Masyaallah Tabarakallah dan Jawabannya

Arti Masyaallah

Kata masyaallah berasal dari bahasa Arab yang berarti apa yang dikehendaki Allah. Kata ini digunakan untuk memuji kebesaran Allah SWT atas segala ciptaan-Nya yang luar biasa. Dengan mengucapkan masyaallah, kita mengakui bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah atas kehendak dan kuasa Allah SWT.

Kata ini juga merupakan bentuk syukur dan penghargaan kita kepada Allah SWT. Terkadang kalimat tersebut juga diucapkan ketika melihat sesuatu yang menakjubkan. Kata masyaallah juga terdapat dalam Al Quran Surat Al Kahfi ayat 39

Terjemahan

Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan Masya Allah, la quwwata illa billah (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu (QS Al Kahfi ayat 39).

Arti Tabarakallah

Sementara itu, kata "Tabarakallah" berarti "diberkahi oleh Allah". Kata ini digunakan untuk mengungkapkan kekaguman dan doa kepada Allah SWT agar memberikan berkah kepada sesuatu atau seseorang yang kita lihat. Dengan mengucapkannya, kita berharap agar Allah melindungi dan memberikan keberkahan kepada objek yang kita lihat.

Jawaban Masyaallah Tabarakallah

Kalimat masyaallah tabarakallah biasanya diucapkan oleh seseorang ketika melihat sesuatu atau seseorang yang menarik perhatian dan hatinya. Misalnya, ketika melihat pemandangan alam yang indah, anak yang lucu, rumah yang megah, mobil yang mewah, dan sebagainya. Kalimat ini menunjukkan rasa kagum dan pujian kepada Allah SWT atas karunia-Nya.

Lalu, bagaimana cara menjawab kalimat masyaallah tabarakallah? Ada beberapa jawaban yang bisa kita ucapkan, antara lain:

Semoga penjelasan ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang arti Masyaallah Tabarakallah dan jawabannya, serta meningkatkan wawasan kita tentang kekaguman atas ciptaan Allah SWT.

Topik Menarik