Rusia Dilaporkan Hujani Ukraina dengan Puluhan Rudal, 36 Orang Tewas

Rusia Dilaporkan Hujani Ukraina dengan Puluhan Rudal, 36 Orang Tewas

Berita Utama | inews | Senin, 8 Juli 2024 - 00:30
share

MOSKOW, iNews.id Rusia menghujani rudal ke kota-kota di seluruh Ukraina pada Senin (8/7/2024) waktu setempat. Sedikitnya 36 warga sipil tewas dalam serangan itu, kata para pejabat.

Tak hanya itu, rudal rusia juga membuat rumah sakit anak-anak utama di Ibu Kota Kiev. Para orang tua sambil menggendong bayi berjalan di jalan di luar rumah sakit, merasa linglung dan menangis, setelah serangan udara yang langka itu terjadi di siang bolong.

Kaca di jendela-jendela pecah dan ratusan warga Kiev membantu membersihkan puing-puing. Itu sungguh menakutkan. Saya tak bisa bernapas, saya mencoba melindunginya (bayi saya) dengan kain ini agar dia bisa bernapas, kata seorang ibu, Svitlana Kravchenko (33), kepada Reuters.

Angkatan Udara Ukraina menyatakan, sistem pertahanan udara mereka menembak jatuh 30 dari 38 rudal yang masuk. Sementara menteri dalam negeri Ukraina mengatakan, Sebanyak 50 bangunan sipil, termasuk hunian, pusat bisnis, dan dua fasilitas medis rusak di Kiev, kota pusat Kryvyi Rih, dan Dnipro serta dua kota di wilayah timur.

Sebuah video yang diperoleh Reuters, yang lokasinya diverifikasi menggunakan bangunan dalam rekaman tersebut, menunjukkan sebuah rudal jatuh dari langit menuju rumah sakit anak-anak yang disusul dengan ledakan besar. Dinas Keamanan Ukraina mengidentifikasi rudal tersebut sebagai rudal jelajah Kh-101.

Sebanyak 21 orang dilaporkan tewas di Kiev dan 65 lainnya terluka dalam tembakan rudal utama dan serangan lain yang terjadi dua jam kemudian. Disebutkan pula bahwa puing-puing dari rudal terakhir menghantam rumah sakit lain di Kiev, menewaskan tujuh orang.

Di Kryvyi Rih, 11 orang dipastikan tewas dan 47 lainnya terluka, menurut layanan darurat setempat. Tiga orang tewas di Kota Pokrovsk, setelah rudal menghantam fasilitas industri, kata gubernur setempat. Satu orang juga tewas di kota Dnipro.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, pihaknya akan membalas dan meminta para sekutu Kiev di Barat untuk memberikan tanggapan tegas terhadap serangan tersebut.

Kami akan melakukan pembalasan terhadap orang-orang ini, kami pasti akan memberikan respons yang kuat dari pihak kami kepada Rusia, katanya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pasukannya melakukan serangan terhadap sasaran industri pertahanan dan pangkalan penerbangan di Ukraina. Moskow berulang kali membantah menyasar warga sipil dan infrastruktur sipil, meskipun serangannya telah menewaskan ribuan warga sipil sejak melancarkan agresi militer ke negeri tetangganya itu pada Februari 2022.

Topik Menarik