Rusia Bakal Produksi Kereta Cepat mulai 2027

Rusia Bakal Produksi Kereta Cepat mulai 2027

Terkini | inews | Senin, 8 Juli 2024 - 21:00
share

MOSKOW, iNews.id Rusia berencana mulai memproduksi kereta berkecepatan tinggi pertama di negara itu tiga tahun lagi. Jalur kereta cepat itu bakal menghubungkan Moskow dan St Petersburg.

Kereta listrik pertama akan diproduksi pada 2027. Nanti akan dilakukan sertifikasi, sehingga kami mendapatkan sertifikat kepatuhan pada 2028, ujar Wakil Direktur Jenderal Sinara Group, Anton Zubikhin, kepada Sputnik, Senin (8/7/2024).

Sinara Group adalah perusahaan investasi yang bergerak di bidang properti, transportasi kereta api, dan layanan finansial. Menurut Zubikin, pihaknya akan membuat 43 kereta listrik untuk melayani kereta api berkecepatan tinggi baru antara Moskow dan St Peterburg. Kini, jalur rel yang menyambungkan kedua kota sedang dibangun.

Zubikin mengatakan, Rusia bisa masuk ke dalam 5 besar produsen kereta berkecepatan tinggi global setelah memproduksi kereta listrik untuk rel sejenis. Saat ini, kecepatan kereta api berkecepatan tinggi di Uni Eropa mencapai 360 km per jam. Sementara kereta cepat China mampu melaju hingga 400 km per jam.

Menurut definisinya, jalur kereta cepat adalah jalur rel yang mengoperasikan kereta api dengan kecepatan antara 200 sampai dengan 400 km per jam.

Perusahaan kereta api negara Rusia, Russian Railways, pada April lalu menandatangani perjanjian dengan Sinara untuk produksi dua kereta berkecepatan tinggi. Kereta tersebut diharapkan dapat dikirim pada akhir Maret 2028, sesuai kontrak.

Topik Menarik