Viral Kades di Kotawaringin Barat Diusir sampai Didorong-Dorong Warga, Kantor Desa Disegel

Viral Kades di Kotawaringin Barat Diusir sampai Didorong-Dorong Warga, Kantor Desa Disegel

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 14:02
share

PANGKALAN BUN, iNews.id - Video memperlihatkan warga mengamuk di Kantor Desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng) viral di media sosial. Belasan warga bahkan mengusir sampai mendorong-dorong kades berinisial JS tersebut agar meninggalkan kantor.

Infomasi diperoleh iNews, peristiwa ini lantaran warga tidak terima dengan keberadaan kades tersebut. Kades ini diketahui baru keluar dari penjara atas kasus penggelapan dan penipuan sejumlah uang milik warga setempat.

Tak hanya mengusir kades, para warga juga menyegel pintu masuk kantor desa dengan papan kayu.

Camat Arut Selatan Indra Wardana mengatakan, menyikapi kejadian kades diusir warga, aparat TNI-Polri dan pemerintah kecamatan memanggil kades serta warga untuk mencari solusinya hingga akhirnya kades tersebut mundur dari jabatannya.

"Alhamdullilah Pak Kades dengan mempertimbangan risiko di kemudian hari, dengan sikap kenegaraan demi keamanan diri dan keluarga serta melihat situasi kondisi, kades akhirnya memenuhi keinginan masyarakat untuk mengundurkan diri," ujar Indra, Kamis (5/9/2024).

Menurutnya masalah ini sudah terselesaikan dan kantor desa yang sempat disegel warga akan dibuka kembali.

"Jadi kades dihadapan saya selaku camat, Danramil dan Kapolsek sudah buat surat pernyataan tanpa paksaan untuk mundur dari jabatan," katanya.

Diketahui, Kades JS sebelumnya divonis bersalah oleh pengadilan lantaran menggelapkan dan menipu uang milik warga  tahun 2022-2023. Dia hanya divonis ringan oleh hakim dan sudah bebas lalu kembali bekerja seperti biasa.

Namun warga tidak terima hingga menggeruduk kantor desa lalu mengusir kades tersebut. Untuk selanjutnya akan ditunjuk pelaksana tugas (plt) kades di desa setempat.

Topik Menarik