MNC Peduli Bantu Operasi Bibir Sumbing Gratis untuk Balita 8 Bulan di Banyuwangi

MNC Peduli Bantu Operasi Bibir Sumbing Gratis untuk Balita 8 Bulan di Banyuwangi

Terkini | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 13:50
share

BANYUWANGI, iNews.id - MNC Peduli kembali hadir di tengah masyarakat untuk menyalurkan bantuan kesehatan, dalam hal ini mengadakan operasi bibir sumbing gratis bagi keluarga kurang mampu. Kegiatan bakti sosial ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Al-Huda Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (4/7/2024).

Pasien untuk operasi bibir sumbing ini yakni balita 8 bulan bernama Denada Eka Putri Hansel, putri dari pasangan suami istri Dirhan Dwi Kurniawan dan Misel Wulandari. Anak mereka ini menderita bibir sumbing sejak lahir tanggal 7 November 2023.

Balita Denada berasal dari keluarga tak mampu yang menjadi perhatian MNC Peduli untuk mengulurkan bantuan kesehatan. Keluarga ini mendiami sebuah rumah di Dusun Krajan, Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi yang merupakan peninggalan orang tuan.

Bangunan rumah berukuran 6x10 meter dengan terdapat dua kamar tidur berukuran kecil. Hanya ada satu penerangan di bagian ruang tamu yang disalurkan dari rumah tetangga. Bahkan meja dan kursi pun sangat sederhana dengan alas tikar sebagai tempat beristirahat.

Sebagian sisi dinding juga terlihat sudah mengalami kerusakan. Sementara untuk mandi dan memasak, mereka harus menumpang pada tetangga karena rumah tidak punya kamar mandi maupun dapur.

Beban yang dipikul keluarga ini serasa begitu berat karena anak balita mereka menderita bibir sumbing. Sang ayah hanya bekerja serabutan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Terkadang dia harus menjadi kuli bangunan dan tak jarang bekerja mencangkul di sawah warga sekitar. Dengan kondisi tersebut, keluarga ini tidak mampu untuk memenuhi biaya kesehatan terlebih biaya operasi anaknya.

Melihat kondisi tersebut, MNC Peduli hadir untuk mengurangi beban mereka dalam memberikan tindakan medis kepada balita Denada guna menjalani operasi gratis.

Kali ini MNC Peduli menggandeng RS Al-Huda Genteng untuk melakukan operasi terhadap balita Denada, Bahkan beberapa kali pihak RS menjenguk untuk memeriksa kesehatan denada sebelum menjalani operasi.

"Untuk kondisi adik Denada saat ini mengalami celah bibir dan celah langit sebab itu membutuhkan operasi tindakan untuk menghubungkan dua celah ini. RS Al-Huda bersama MNC Peduli, kita bersama bersinergi untuk membantu adik Denada melaksanakan operasi," ujar Dokter Khusnul Imama.

Kehadiran MNC Peduli disambut bahagia keluarga ini. Kedua orang tua balita yang menderita bibir sumbing tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih atas bantuan biaya operasi anak mereka.

"Awalnya sudah periksa di posyandu dan puskesmas, memang gak pernah USG juga. Jadinya pas lahir kaget lihat anak kayak gini. Kepikiran juga masa depannya bagaimana, untung ada MNC Peduli dan Rumah Sakit Al Huda yang membantu operasi anak saya," kata Misel Wulandari, Ibunda balita Denada.

Selain operasi bibir sumbing, MNC Peduli juga membiayai operasi gratis lainnya. Seperti katarak, hernia dan pteregium yang bekerja sama dengan RS Al-Huda Genteng Banyuwangi.

Topik Menarik