Ubah Pemikiran Negatif Jadi Positif, Hipnoterapi Mampu Hilangkan Rasa Takut dan Stres

Ubah Pemikiran Negatif Jadi Positif, Hipnoterapi Mampu Hilangkan Rasa Takut dan Stres

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 11:35
share

JAKARTA, iNews.id - Pemikiran memiliki faktor besar dalam kehidupan manusia. Ini akan membuat seseorang merasa lebih tenang atau tertekan dalam menjalani kehidupan. 

Untuk itu, diperlukan upaya untuk menjaga pemikiran seseorang dalam kondisi baik. Salah satunya melalui hipnoterapi.

Pelaku hipnoterapi, Aria Surya Dwijaya mengungkapkan, hipnoterapi sangat bermanfaat untuk mengubah pemikiran negatif menjadi positif. Ini berlaku seperti menjalani kehidupan di kota besar ketika menghadapi kemacetan yang bisa membuat seseorang stres.

"Ketakutan dasar manusia itu ada dua, yaitu suara keras dan ketinggian. Misalnya yang datang itu takut ketinggian, terapis itu akan melihat apakah ketakutan itu sampai membuat tubuh dingin atau tremor, kalau tidak maka itu hal normal," kata Aria Surya dalam Morning Update di iNews, Jumat (7/5/2024).

Terapi menggunakan hipnoterapi juga bisa digunakan seseorang yang akan tampil di hadapan orang banyak. Seorang terapis akan menanamkan di dalam pikiran pasiennya lebih tenang saat tampil.

"Teknik ini bisa digunakan, misal di tempat pidato atau semacamnya. Self talk ini dapat membuat seseorang lebih tenang. Misalnya, artis yang gugup bisa melakukan ini, atau lebih lengkapnya bisa minta bantuan hipnoterapis," ujarnya.

Untuk mengatasi ketakutan pada seorang pasien, Aria Surya mengatakan paling efektif minimal melakukan delapan kali pertemuan. Jarak pertemuan tersebut juga disesuaikan kondisi pasien.

"Kalau umum itu delapan kali pertemuan dengan jarak per minggu, ada juga per dua minggu, tergantung kondisi klien. Nanti akan diberi nilai baru. Misal macet di jalan, terkadang merasa stres dan marah, itu akan kita beri nilai baru," ucapnya.

"Misal kita beri pemikiran, 'bersyukur hari ini masih bisa naik mobil'. Semacam itu," kata Aria.

Topik Menarik