Pernyataan Tegas Dekan FK Unair Tolak Rencana Kemenkes Datangkan Dokter Asing

Pernyataan Tegas Dekan FK Unair Tolak Rencana Kemenkes Datangkan Dokter Asing

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 15:20
share

SURABAYA, iNews.id - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Budi Santoso dengan lantang menolak rencana pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mendatangkan dokter asing. Dia menilai dokter di Indonesia masih cukup berkualitas.

Penegasan terkait penolakan ini disampaikan Dekan FK Unair Surabaya Budi Santoso seusai melantik dokter spesialis dan sub spesialis di FK Unair beberapa waktu lalu.

"Kami dari FK Unair tidak setuju. Saya pikir semua dokter di Indonesia tidak rela jika dokter asing bekerja di sini," ujarnya, Rabu (3/7/2024).

Dia menyebut, Indonesia masih mampu memproduksi dokter yang berkualitas. Ada 92 fakultas kedokteran lain di Indonesia yang masih mampu memproduksi dokter berkualitas. Terlebih rumah sakit di kota besar memiliki jumlah dokter spesialis yang sangat banyak.

"Dokter kita mampu memenuhinya, dokter kita mampu menanganinya. Kita tahu rumah sakit vertikal di kota-kota besar, masak mereka kekurangan dokter spesialis," katanya.

Menurutnya, FK Unair dan fakultas kedokteran lain siap untuk menjadi tuan rumah guna menyiapkan dokter spesialis di Indonesia. Dia akan terus bersikap dengan memperjuangkan penolakan agar Kemenkes tidak mendatangkan dokter asing.

"Kami akan terus memperjuangkan ke Kemenkes, kami tidak setuju," ucapnya.

Topik Menarik