Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kominfo yang Mundur Imbas Server PDN Diretas

Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kominfo yang Mundur Imbas Server PDN Diretas

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 11:18
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan resmi mundur dari jabatannya, Kamis (4/7/2024). Pengunduran diri tersebut imbas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) diretas hacker.

"Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin (Rabu, 3 Juli 2024), kepada Menteri Kominfo," kata Semuel di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Diketahui, PDNS 2 yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, dibobol kelompok peretas Brain Chiper dengan mengunci dari dalam data menggunakan ransomware LockBit 3.0. 

Semuel lahir di Makassar pada 27 Desember 1964. Dia sangat berpengalaman memimpin bisnis di industri telekomunikasi.

Dia juga fokus melakukan digital transformasi di tiga bidang, yakni masyarakat, bisnis, dan pemerintah melalui program pengembangan aplikasi informatika.

Selain itu, menurut dia teknologi adalah enabler semata dan mindset untuk bertransformasi adalah yang utama.

Pengalaman Kerja 

Dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT. Jasnita Telekomindo. Dia juga masuk dalam sejumlah organisasi yakni anggota Dewan Pengawas PERURI, dan Ketua ASEAN Telecommunications and Information Technology Senior.

Dia juga pernah menjadi Kepala Delegasi ASEAN Telecommunications and IT Ministers Meeting (TELMIN).

Semuel mendapat gelar S1 di California State University, Amerika Serikat dengan jurusan administrasi bisnis minor informasi pengelolaan. Lalu dia melanjutkan dengan meraih gelar magister jurusan manajemen konsentrasi manajemen mtrategis di Universitas Pancasila Jakarta.

Topik Menarik