Breaking News, Dirjen Aptika Semuel Pangerapan Mundur Imbas Server PDN Diretas

Breaking News, Dirjen Aptika Semuel Pangerapan Mundur Imbas Server PDN Diretas

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 10:46
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan resmi mundur dari jabatannya. Dia mengaku bertanggung jawab secara moral setelah Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 dibobol peretas.

Seperti diketahui, PDNS 2 yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, dibobol kelompok peretas Brain Chiper dengan mengunci dari dalam data menggunakan ransomware LockBit 3.0. 

"Setiap masa ada waktunya. Tidak terasa sudah 8 tahun sejak pertama kali saya bertemu dengan teman-teman pada saat dilantik," kata Semuel di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Semuel Pangerapan mengungkapkan bahwa pengunduruan diri ini sudah disampaikan secara lisan sejak awal Juli, dan telah mengirimkan surat resmi kepada Menkominfo Budi Arie Setiadi. Per hari ini, Samuel sudah tidak lagi menjabat sebagai Dirjen Aptika Kominfo.

"Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin (Rabu, 3 Juli 2024), kepada Menteri Kominfo," tuturnya.

Semuel belum mengetahui siapa yang akan menggantikan posisinya setelah mengundurkan diri. Kominfo juga belum memberikan pernyataan secara resmi mengenai keputusan pengunduran diri Semuel dan siapa yang akan mengisi posisi Dirjen Aptika.

Pengunduran diri ini berdekatan dengan petisi yang sudah ditandatangai lebih dari 25.000 orang yang meminta Menkominfo Budi Arie mundur dari jabatannya. Selain PDNS 2 yang dibobol, mereka yang membuat petisi merasa Menteri Budi Arie tidak tegas dalam memberantas judi online.

Topik Menarik