Timnas Indonesia U-16 Petik 3 Pelajaran Penting usai Rebut Peringkat Ketiga Piala AFF U-16 2024

Timnas Indonesia U-16 Petik 3 Pelajaran Penting usai Rebut Peringkat Ketiga Piala AFF U-16 2024

Berita Utama | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 00:15
share

SOLO, iNews.id – Timnas Indonesia U-16 memetik pelajaran berharga usai merebut peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. Hal tersebut diungkapkan Pelatih Garuda Asia, Nova Arianto.

Indonesia merebut tempat ketiga usai bantai Vietnam 5-0 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore WIB. Gol-gol kemenangan Skuad Garuda Asia dicetak lewat brace Zahaby Gholy (45’, 79’), Dafa Zaidan (45+3’), dan brace Daniel Alfrido (74’, 82’).

Usai pertandingan, Nova bersyukur Timnas Indonesia U-16 bisa mencapai tempat ketiga. Menurutnya, Skuad Garuda Asia mendapat tiga pelajaran penting.

“Dari awal kalau kita bicara target sebenarnya saya tidak memberikan target apapun kepada pemain, karena mereka adalah generasi-generasi baru untuk timnas di masa yg akan datang,” kata Nova dalam konferensi pers usai laga, Rabu 3 Juli 2024.

“Jadi, banyak pelajaran yang didapat pastinya dari pemain yang mana kita harus bisa kontrol pertandingan, mengatur ritme pertandingan, kesalahan-kesalahan individu yang tidak perlu menjadi pelajaran bagi mereka,” ungkapnya.

Nova senang para pemain Timnas Indonesia U-16 bisa mengeluarkan penampilan terbaiknya selama gelaran Piala AFF U-16. Asisten Shin Tae-yong itu bakal terus memoles skuadnya agar meraih hasil terbaik di ajang berikutnya, yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

“Timnas U-16 ini pemain-pemainnya baru, belum pernah bertanding internasional lalu pertama kali menggunakan seragam garuda, pastinya tidak mudah bagi pemain,” tuturnya.

“Saya bersyukur pemain bisa enjoy, menikmati setiap pertandingan yang kita jalani dari awal lawan Singapura sampai Vietnam, pemain menunjukkan progres luar biasa. Tapi itu bukan menjadi akhir, saya minta pemain lebih fokus lagi agar kita di kualifikasi piala asia bisa lebih baik lagi,” ucapnya.

Timnas Indonesia U-16 setelah ini akan menjalani babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 23 sampai 27 Oktober 2024. Skuad Garuda Asia tergabung dalam Grup G bersama Australia, Kuwait, dan Makedonia Utara.

Topik Menarik