Hasyim Asy'ari Terbukti Belikan Tiket PP Jakarta-Belanda Anggota PPLN 3 Kali, Total Rp100 Juta

Hasyim Asy'ari Terbukti Belikan Tiket PP Jakarta-Belanda Anggota PPLN 3 Kali, Total Rp100 Juta

Terkini | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 18:52
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua KPU Hasyim Asy'ari membeli tiket pesawat pulang pergi Jakarta-Belanda sebanyak 3 kali untuk pengadu anggota PPLN berinisial CAT. Total harga tiket pesawat tersebut Rp100 juta. 

"Teradu juga memfasilitasi tiket pesawat Pengadu pulang pergi Jakarta-Belanda sebanyak 3 kali dengan total biaya sebesar Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah). Hal ini diakui oleh Teradu dan menjelaskan bahwa yang membayarkan biaya tiket untuk Pengadu adalah temannya," kata Anggota Majelis DKPP, Ratna Dewi Petalollo di ruang sidang Utama DKPP, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Selain itu, Hasyim juga terbukti membelikan tiket pesawat pulang pergi Jakarta-Singapura untuk Pengadu. Total biaya sebesar Rp8,6 juta. 

Hasyim juga membelikan Pengadu layar monitor Asus ZenScreen MB16AH Portabel USB Monitor 15.6” Full HD, IPS, USB-C seharga Rp5,4 juta. 

"Teradu juga memfasilitasi penginapan di Apartemen Oakwood Suites Kuningan dengan total biaya sebesar Rp48 juta sebagaimana keterangan pihak terkait Ahmad Wildan Sukhoyya," katanya.

"Fasilitas yang diberikan Teradu kepada Pengadu membuktikan dan meyakinkan DKPP adanya hubungan pribadi yang bersifat khusus antara Teradu dengan Pengadu. Mengingat fasilitas serupa tidak diberikan Teradu kepada penyelenggara Pemilu yang lain," katanya.

Sebelumnya, DKPP memutuskan memberhentikan secara tetap Hasyim Asy'ari dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI. Dia terbukti melakukan tindakan asusila terhadap anggota PPLN Den Haag, Belanda. 

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asyari selaku Ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum terhitung sejak putusan ini dibacakan," kata Ketua Majelis sidang, Heddy Lugito di ruang rapat Utama DKPP, Rabu (3/7/2024).

Topik Menarik