Bawa Turki ke Perempat Final Euro 2024, Arda Guler Samai Rooney dan Ronaldo

Bawa Turki ke Perempat Final Euro 2024, Arda Guler Samai Rooney dan Ronaldo

Olahraga | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 11:28
share

LEIPZIG, iNews.id- Gelandang muda Timnas Turki, Arda Guler menyamai rekor Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo di Euro 2024. Pemain berusia 19 tahun itu tercatat sebagai remaja ketiga yang mencetak gol dan assist di turnamen yang sama. 

Rekor itu dicetak Guler setelah berhasil memberikan assist dalam kemenangan Turki atas Austria 2-1 di babak 16 besar Euro 2024. Pertandingan itu digelar di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman pada Rabu (3/7/2024) dini hari WIB. 

Dua gol untuk Tim Bulan Sabit Bintang -julukan Timnas Turki- dicatatkan oleh Mehdi Demiral (1', 59'). Sedangkan, gol balasan untuk Austria dicetak oleh Michael Gregoritsch (66'). 

Usai pertandingan, Guler yang mencatatkan satu asisst kepada Demiral sukses menyamakan rekor Rooney dan Ronaldo. Dia tercatat sebagai pemain muda ketiga yang sudah mencetak gol dan assist seperti Rooney dan Ronaldo di Euro 2004.

"Arda Güler adalah remaja ketiga yang mencetak gol dan assist dalam edisi yang sama Kejuaraan Eropa UEFA setelah Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo, yang keduanya melakukannya di Euro 2004," tulis catatan Opta Joe dikutip dari akun X resminya (@OptaJoe), Rabu (3/7/2024).

Guler juga mampu mencetak gol saat Turki mengalahkan Georgia (3-1) di fase grup. Pemain Real Madrid itu mencatatkan gol pada menit ke-65. 

Bek Turki, Mehdi Demiral pun tak ragu untuk memuji penampilan juniornya. Demiral meyakini, Arda Guler akan menjadi pemain bintang Turki di masa depan. 

"Arda layak meraih semua kesuksesan. Dia pemain sepak bola yang hebat dan juga adik yang hebat bagi kita. Saya yakin dia akan terus mengharumkan nama negara kita," ujar Demiral dilansir dari laman resmi Euro 2024, Rabu (3/7/2024). 

Sementara itu, kemenangan ini membuat Timnas Turki akan bersua dengan Belanda di perempat final Euro 2024. Laga tersebut akan digelar di Olympiastadion, Berlin, Jerman pada Minggu (7/7/2024) mendatang. 

Topik Menarik