Dubes Vasyl Hamianin Ungkap Kondisi Terkini Ukraina usai Diserang Rusia

Dubes Vasyl Hamianin Ungkap Kondisi Terkini Ukraina usai Diserang Rusia

Terkini | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 19:12
share

JAKARTA, iNews.id - Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin mengungkap kondisi terkini Ukraina usai diserang Rusia. Mereka menyerang kota hingga desa. 

"Situasinya telah berkembang dengan cara yang sangat dramatis dan tragis. Dalam beberapa bulan terakhir, saya pikir Rusia menyerang di kota-kota Ukraina, desa-desa, dan semuanya," kata Dubes Vasyl dalam press briefing di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Vasyl mengatakan serangan Rusia juga menargetkan infrastruktur seperti listrik hingga pasokan air. Akibatnya kehidupan masyarakat Ukraina menjadi terganggu.

"Kami baru saja mendapat pasokan listrik selama lima jam kemarin itu enam jam besok mungkin dua jam pasokan listrik," ucapnya.

Menurutnya, pasokan listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat Ukraina. Mengingat jika memasuki musim dingin, suhu udara meningkat dan semakin membuat warga sengsara.

"Jadi pada dasarnya, ini adalah perang teror, untuk menciptakan kondisi di mana orang tidak akan bisa bertahan hidup itulah yang terjadi di Ukraina pada dasarnya setiap hari," katanya.

Hingga kini pemerintah Ukraina terus gencar menyuarakan perdamaian di dunia internasional. 

"Kami mencoba mengembangkan mekanisme, mekanisme internasional yang akan membawa perdamaian kembali," tuturnya.

Topik Menarik