Baru Masuk Gaikindo, BYD Ungkap Laporan Penjualan Mobil Keluar Agustus

Baru Masuk Gaikindo, BYD Ungkap Laporan Penjualan Mobil Keluar Agustus

Otomotif | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 12:30
share

JAKARTA, iNews.id - Produsen otomotif asal China, Build Your Dreams (BYD) masuk Indonesia pada awal Januari 2024. Namun, update penjualan mobil listrik BYD belum masuk dalam laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Kenapa? Head of Marketing and Communication BYD Indonesia, Luther Panjaitan menjelaskan, BYD baru resmi bergabung dengan Gaikindo pada Mei 2024. Setelah adminitrasi selesai data penjualan akan masuk Gaikindo.

"Kami baru bergabung dengan Gaikindo pada Mei. Untuk update penjualan baru akan keluar dalam laporan pada Agustus mendatang," ujar Luther di PIK 2, belum lama ini.

Seperti diketahui, BYD baru mengirimkan 1.000 unit mobil listrik ke konsumen di Indonesia pada 30 Juni 2024. Sebelumnya, pengiriman mobil BYD sempat tertahan terkait faktor eksternal dalam pendistribusian kendaraan. 

Jika laporan Juni keluar, BYD bisa tercatat sebagai mobil terlaris di Indonesia. Berdasarkan laporan Gaikindo saat ini mobil listrik terlaris pada Mei 2024 ditempati Chery 755 unit, kemudian Wuling 626 unit, MG 361 unit, Hyundao 66 unit dan BMW 63 unit.

Adapun mobil yang diserahkan BYD ke konsumen terdiri atas tiga model, yaitu Dolphin, Atto 3 dan Seal. Total mobil listrik BYD yang mengaspal di Indonesia sebanyak 1.500 unit.

Luther menuturkan perusahaan berusaha semaksimal mungkin memenuhi ekspektasi ribuan konsumen yang telah memesan unit kendaraan di Indonesia. Tingginya jumlah pesanan melebihi proyeksi awal dan menunjukkan besarnya kepercayaan dan minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik BYD. 

"BYD juga berkomitmen untuk menyediakan pengiriman unit EV secara rutin dan terencana di Indonesia, sebagai tindak lanjut dari serah terima awal sebanyak 1.000 unit. Sempat terhambat, pengiriman unit kini akan terus dilakukan secara smooth bertahap seiring dengan meningkatnya jumlah pesanan ketiga tipe EV BYD," kata Luther.

Dia menerangkan pengiriman yang dijanjikan BYD kepada konsumen telah dipersiapkan dengan strategi yang matang untuk memastikan kelancaran diterimanya unit dengan standar kualitas yang terjaga. Ini termasuk kerja sama erat dengan mitra dealer dalam membangun infrastruktur distribusi melalui 17 jaringan yang tersedia di seluruh Indonesia. 

Topik Menarik