Bangun Pabrik di Subang, BYD Targetkan Sebelum 2026 Sudah Beroperasi

Bangun Pabrik di Subang, BYD Targetkan Sebelum 2026 Sudah Beroperasi

Otomotif | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 10:32
share

JAKARTA, iNews.id - Produsen otomotif asal China, Build Your Dreams (BYD) menyatakan akan mengembangkan pasar mobil listrik di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga akan membangun pabrik di Subang, Jawa Barat.

Ini mereka tunjukkan dengan kedatangan langsung Founder, Chairman dan CEO BYD Wang Chuanfu ke Indonesia saat penyerahan 1.000 unit mobil listrik ke konsumen di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), pada 30 Juni 2024.

"Ini menandakan betapa pentingnya pasar Indonesia bagi BYD," ujar Head of Marketing and Communication BYD Indonesia, Luther Panjaitan kepada jurnalis, belum lama ini. 

Dia mengungkapkan BYD akan membangun pabrik di kawasan industri Subang. Saat ini lahan sudah tersedia tinggal proses groudbreaking. BYD menaragetkan pabrik pertamanya ini akan beroperasi pada akhir 2025.

"Pokoknya sebelum 2026, pabrik kami di Subang sudah beroperasi," kata Luther. 

Sebelumnya, Luther mengatakan BYD baru bergabung dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Mei 2024. Setelah adminitrasi selesai data penjualan akan masuk Gaikindo.

"Kami baru bergabung dengan Gaikindo pada Mei. Untuk update penjualan baru akan keluar dalam laporan pada Agustus mendatang," ujar Luther.

Seperti diketahui, BYD baru mengirimkan 1.000 unit mobil listrik ke konsumen di Indonesia pada 30 Juni 2024. Sebelumnya, pengiriman mobil BYD sempat tertahan akibat faktor eksternal dalam pendistribusian kendaraan. 

Tiga model mobil BYD yang diserahkan ke konsumen, yaitu Dolphin, Atto 3 dan Seal. Kini, total mobil listrik BYD yang mengaspal di Indonesia sebanyak 1.500 unit.

Topik Menarik