Deretan 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia, Asia Hanya 1

Deretan 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia, Asia Hanya 1

Berita Utama | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 06:40
share

JAKARTA, iNews.id - Ibu kota Austria, Wina, menjadi kota paling layak huni di dunia selama tiga tahun berturut-turut. Hal ini didorong skor sempurna dalam bidang stabilitas, layanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Mengutip CNBC International, laporan Economist Intelligence Unit (EIU) bertujuan untuk menunjukkan seberapa nyaman atau layak huni suatu kota. EIU meneliti 173 kota secara global berdasarkan 30 indikator yang disusun dalam lima kategori, di antaranya stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur.

Wina memimpin daftar kota paling layak tahun ini, diikuti oleh negara-negara Eropa Barat, yaitu Kopenhagen, Denmark, yang menempati urutan kedua dan Zurich, Swiss, di posisi ketiga.

"Skor keseluruhan Kota Wina mengalami sedikit penurunan dalam kategori budaya dan lingkungan, karena kurangnya acara olahraga besar,” menurut laporan Indeks Liveability Global EIU tahun 2024.

Empat kota di Asia-Pasifik masuk dalam 10 besar kota paling layak huni tahun ini, yaitu Melbourne dan Sydney, Australia; Osaka, Jepang; dan Auckland, Selandia Baru.

Eropa Barat merupakan wilayah dengan kinerja terbaik dalam hal kelayakan huni secara global, dengan skor keseluruhan 92 dari 100. Namun, peringkat ini mengalami penurunan sejak tahun lalu karena meningkatnya protes dan kejahatan, yang membebani kategori stabilitas, menurut laporan EIU.

Amerika Utara merupakan wilayah terbaik kedua, dengan skor rata-rata 90,5 dari 100, dan peringkat tertinggi dalam bidang pendidikan. Krisis perumahan yang sedang berlangsung di Kanada telah menurunkan skor infrastruktur di wilayah tersebut.

Berikut 10 kota paling layak huni di dunia menurut EIU:

1. Wina, Austria
2. Kopenhagen, Denmark
3. Zürich, Swiss
4. Melbourne, Australia
5. Calgary, Kanada
6. Jenewa, Swiss
7. Sydney, Australia
8. Vancouver, Kanada
9. Osaka, Jepang
10. Auckland, Selandia Baru

Topik Menarik