Orang Tua Wajib Tahu! Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Belikan Mobil untuk Anak

Orang Tua Wajib Tahu! Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Belikan Mobil untuk Anak

Otomotif | inews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 18:17
share

JAKARTA, iNews.id - Sebagian anak yang sudah memenuhi syarat biasanya dibelikan kendaraan oleh orang tua agar mempermudah mobilitas hariannya. Tapi, orang tua perlu memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk melakukan itu.

Secara umum, orang tua biasanya melihat brand sebagai salah satu hal yang perlu diperhatikan, kemudian kemudahan perawatan, harga spare part, dan lain-lain. Di luar itu, orang tua juga perlu mengukur diri sebelum beli mobil buat anak kesayangan. Salah satunya terkait kondisi keuangan.

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, orang tua perlu memahami beberapa hal terlebih dahulu sebelum membelikan mobil untuk anak. Pertama, pastikan memiliki SIM A sebagai syarat utama, dan kemampuan berkendaranya. 

"Selanjutnya, pelajari tips membeli mobil baru untuk anak berikut ini supaya sesuai dengan budget dan kebutuhan, namun tetap memenuhi keinginan dan lifestyle anak,” ujar Tara dalam keterangan resmi.

Setelah faktor tersebut dipenuhi, Tara mengungkapkan, membandingkan harga mobil menjadi hal penting dalam memboyong kendaraan untuk anak. Dia meminta orang tua memastikan keuangannya memadai sehingga tidak memboyong mobil dengan harga yang lebih mahal.

"Jangan paksakan membeli mobil yang lebih mahal dari rencana, supaya tidak memberatkan di kemudian hari lantaran masih ada biaya kuliah," ujarnya.

Mendiskusikan tipe mobil dengan anak sangat penting agar merasa senang dan rajin merawat kendaraannya. Biasanya, anak muda menginginkan mobil yang ringkas dan desain kekinian. Mobil ini juga biasanya memiliki performa tangguh yang menyenangkan untuk dikendarai.

Salah satu mobil yang masuk kategori tersebut adalah SUV kompak, atau crossover. Namun, skema pembayaran juga perlu diperhatikan, terutama jika ingin membeli secara kredit. DP (Down Payment) besar akan membuat cicilan perbulan kian ringan, sedangkan DP kecil akan menaikkan nilai cicilan. Jangka waktu cicilan (tenor) juga akan berpengaruh kepada besaran angsuran.

Topik Menarik