Tim Bulu Tangkis Indonesia Bakal Dikarantina jelang Olimpiade Paris 2024, Dilarang Tinggalkan Asrama!

Tim Bulu Tangkis Indonesia Bakal Dikarantina jelang Olimpiade Paris 2024, Dilarang Tinggalkan Asrama!

Olahraga | inews | Rabu, 26 Juni 2024 - 20:50
share

JAKARTA, iNews.id – Tim bulu tangkis Indonesia bakal dikarantina jelang Olimpiade Paris 2024. Para pemain dilarang meninggalkan asrama. 

Ada enam wakil Indonesia yang bakal bertanding di cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024. Mereka adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

PBSI terus menggenjot persiapan para atlet-atletnya itu. Rencananya, tim Merah Putih akan bertolak ke Chambly, Prancis, pada 13 Juli mendatang guna lebih mematangkan persiapan mereka.

Namun sebelum itu, para pemain yang turun di Olimpiade 2024 akan menjalani karantina. Walaupun, masih ada keringanan untuk bertemu keluarga yang bisa dilakukan pada hari Sabtu.

“Semakin dekat keberangkatan, kami persiapan lebih fokus lagi. Jadi tidak bisa tinggalkan asrama. Khusus Sabtu, kami izinkan pulang, tapi pada hari Minggunya kembali ke asrama,” ucap wakil manajer tim Ad Hoc PBSI untuk Olimpiade 2024, Ricky Subagja, Rabu (26/6/2024).

Ricky menyampaikan, karantina tersebut dilakukan untuk menjaga fokus para pemain. 

“Tujuannya jelas untuk lebih fokus lagi menjaga performa. Saya rasa dengan situasi saat ini, artinya dari segi kondisi termasuk mohon maaf pemberitaan, kami betul-betul tahu persis, bagaimana sebagai atlet tekanan dan sebagainya,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI itu.

“Jadi dengan sisa waktu yang ada ini kami betul-betul menjaga atlet dari segala hal, sehingga fokus mereka untuk latihan lebih lagi dari sebelum-sebelumnya,” dia menjelaskan.

Sejatinya, karantina di asrama ini memang dilakukan oleh para atlet Pelatnas PBSI Cipayung yang lain. Namun bedanya, kali ini untuk atlet yang mentas di Olimpiade Paris 2024 tidak bisa sembarang keluar seperti sebelum-sebelumnya.

“Kalau karantina selama ini memang mereka di asrama, tapi jam-jam keluar yang tidak perlu memang sangat dibatasi. Mereka dapat bertemu keluarga di Sabtu siang. Itu dibolehkan. Kemudian Minggu kembali lagi ke asrama,” Ricky menjelaskan.

“Tapi di keseharian jika tidak urgent sekali, artinya ada keluarga, sebetulnya kami masih bisa izinkan dan kalau memang harus keluar, kita izinkan,” tambah Ricky.

Tidak hanya itu saja. Ricky juga menghimbau kepada atlet-atletnya untuk mengurangi penggunaan handphone saat latihan menatap Olimpiade Paris 2024. Terkhusus dalam berselancar di media sosial.

“Media sosial dan handphone sebagainya kita sampaikan sebelumnya, ya tidak perlu membawa ponsel lah. Dan sejauh ini sudah sangat baik. Sekali lagi ini tujuannya untuk mendukung dan menjalani sisa waktu yang ada,” kata Ricky.

Topik Menarik