Pertama Kali, Jepang Kirim Kapal Perang Melalui Selat Taiwan

Pertama Kali, Jepang Kirim Kapal Perang Melalui Selat Taiwan

Global | sindonews | Kamis, 26 September 2024 - 20:01
share

Jepang telah mengirim kapal perusak melalui Selat Taiwan untuk pertama kalinya. Media Jepang melaporkan misi itu di tengah meningkatnya aktivitas militer di sekitar Jepang oleh China.

“Sazanami memasuki selat dari Laut China Timur pada Rabu pagi (25/9/2024), menghabiskan lebih dari 10 jam berlayar ke selatan untuk menyelesaikan lintasan,” ungkap laporan penyiar publik NHK dan surat kabar Yomiuri Shimbun pada Kamis.

Lintasan tersebut dilakukan dengan kapal angkatan laut dari Australia dan Selandia Baru menjelang latihan yang direncanakan di Laut China Selatan yang disengketakan, menurut laporan tersebut.

Militer China berada dalam "siaga tinggi" pada Kamis dan China mengatakan telah mengajukan keluhan kepada Jepang.

"China sangat waspada terhadap niat politik dari tindakan Jepang dan telah mengajukan pernyataan tegas kepada Jepang," papar Lin Jian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

"Kami mendesak pihak Jepang untuk menghormati komitmennya pada masalah Taiwan, berhati-hati dalam kata-kata dan perbuatan, dan menahan diri dari menghalangi hubungan China-Jepang dan perdamaian di Selat Taiwan," tegas dia.

Juru bicara pemerintah Jepang Yoshimasa Hayashi menolak mengomentari laporan tersebut dalam jumpa pers rutin karena laporan tersebut menyangkut operasi militer. Belum ada konfirmasi langsung dari Kementerian Pertahanan Jepang.

Angkatan Laut Selandia Baru mengonfirmasi kapalnya, HMNZS Aotearoa, telah berlayar melalui selat tersebut bersama HMAS Sydney dari Angkatan Laut Australia.

Seorang juru bicara mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa transit pertamanya dalam tujuh tahun adalah untuk menegaskan "hak kebebasan navigasi".

Transit ketiga kapal tersebut terjadi sepekan setelah kapal induk China Liaoning berlayar untuk pertama kalinya di antara dua pulau Jepang di dekat Taiwan, negara demokrasi yang diperintah sendiri yang diklaim Beijing sebagai miliknya.

Tokyo mengatakan kapal-kapal tersebut memasuki zona sebelahnya, wilayah hingga 24 mil laut (sekitar 44 km) dari pantai Jepang, dan menyebut insiden itu "sama sekali tidak dapat diterima". China mengatakan telah mematuhi hukum internasional.

Pada akhir Agustus, Tokyo mengatakan satu pesawat mata-mata China melanggar wilayah udara Jepang di dekat pulau-pulau di lepas pantai barat dayanya.

Yomiuri Shimbun mengutip beberapa sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida telah memerintahkan transit di Selat Taiwan karena khawatir tidak melakukan apa pun setelah aktivitas China dapat mendorong Beijing untuk mengambil tindakan yang lebih tegas.

Di Tokyo pada Kamis, juru bicara Hayashi menyatakan kekhawatiran tentang meningkatnya aktivitas militer China di wilayah tersebut.

"Kami memiliki rasa krisis yang kuat bahwa pelanggaran wilayah udara telah terjadi satu demi satu dalam waktu yang singkat," ujar dia dalam konferensi pers rutin. "Kami akan terus memantau situasi dengan minat yang kuat."

Amerika Serikat (AS) dan sekutunya mengirim kapal melalui selat sepanjang 180 kilometer (112 mil) untuk memperkuat statusnya sebagai jalur air internasional.

Beijing mengklaim memiliki yurisdiksi atas perairan tersebut dan menuduh Jerman meningkatkan risiko keamanan setelah Berlin mengirim dua kapal militernya melalui selat tersebut bulan lalu.

Bec Strating, profesor hubungan internasional di Universitas La Trobe, mengatakan kepada AFP bahwa, “Transit Selat Taiwan yang dilaporkan Jepang adalah bagian dari pola yang lebih luas dari kehadiran angkatan laut yang lebih besar oleh negara-negara di dalam dan luar Asia yang khawatir tentang pernyataan maritim China.”

"Jepang khususnya telah menangani taktik 'zona abu-abu' China di Laut China Timur, termasuk peningkatan jumlah kapal penjaga pantai yang berlayar di dekat pulau-pulau yang disengketakan,” ujar dia.

Taktik zona abu-abu adalah tindakan yang bertujuan menguras angkatan bersenjata suatu negara, menurut para ahli militer.

Pada Rabu, China menguji coba peluncuran rudal balistik antarbenua ke Samudra Pasifik dalam latihan pertamanya dalam beberapa dekade.

Jepang mengatakan belum diberi tahu sebelumnya tentang uji coba tersebut, dan menekankan "kekhawatiran serius" atas peningkatan militer China.

Para pemimpin kelompok Quad yang terdiri dari Australia, India, Jepang, dan AS pekan lalu memperluas langkah-langkah keamanan bersama di perairan Asia karena kekhawatiran bersama tentang China.

Kementerian Pertahanan Taiwan pada Kamis membunyikan peringatan atas lonjakan baru aktivitas militer China di sekitar pulau itu, dengan mengklaim telah mendeteksi 29 pesawat yang terlibat dalam "patroli kesiapan tempur gabungan" dengan kapal perang China.

Pada hari sebelumnya, kementerian melaporkan 43 pesawat militer China beroperasi di sekitar pulau itu.

Dari jumlah tersebut, 23 pesawat terbang ke selatan Taiwan melalui Selat Bashi yang memisahkannya dari Filipina dan kemudian ke sepanjang pantai timur Taiwan, sebagaimana ditunjukkan dalam peta kementerian.

Namun, Kementerian Pertahanan China membela latihan militer di sekitar Taiwan, dengan juru bicara Zhang Xiaogang mengatakan kepada wartawan bahwa latihan itu adalah kegiatan yang "sah".

Baca juga: Hizbullah Usir 2 Jet Tempur Israel Keluar dari Wilayah Udara Lebanon

Topik Menarik