4 Alasan Jerman Memperketat Perbatasan, Salah Satunya Tak Mau Menampung Imigran Ukraina

4 Alasan Jerman Memperketat Perbatasan, Salah Satunya Tak Mau Menampung Imigran Ukraina

Global | sindonews | Kamis, 12 September 2024 - 11:10
share

Peta politik Jerman berubah drastis. Itu berdampak pada kebijakan berkaitan dengan imigran.

Pembatasan baru, yang diumumkan oleh pemerintah pada hari Senin, terjadi beberapa hari setelah partai anti-imigrasi Alternative for Germany (AfD) memenangkan pemilihan umum di negara bagian timur Thuringia dan berada di posisi kedua di negara bagian tetangga Saxony.

Pemilu tersebut diadakan di bawah n telah memutuskan untuk memberlakukan pembatasan perbatasan darat sementara yang bertujuan untuk mengendalikan migrasi ilegal setelah serangan pisau dan bayang-bayang serangan pisau, yang diduga dilakukan oleh seorang pencari suaka Suriah, yang menewaskan tiga orang di kota Solingen di bagian barat.

4 Jerman Alasan Memperketat Perbatasan, Salah Satunya Tak Mau Menampung Imigran Ukraina

1. Mengusir Imigran dari Perbatasan

Foto/AP

Menteri Dalam Negeri Nancy Faeser mengumumkan pada hari Senin bahwa kontrol akan dimulai pada tanggal 16 September dan awalnya berlangsung selama enam bulan dengan opsi untuk diperbarui.

Kontrol sementara akan diberlakukan di perbatasan darat dengan Prancis, Luksemburg, Belanda, Belgia, dan Denmark.

Ini akan menambah pembatasan yang sudah berlaku untuk Austria, Republik Ceko, Polandia, dan Swiss empat dari sembilan negara lain yang berbatasan dengan Jerman sepanjang lebih dari 3.700 km (2.300 mil) untuk memeriksa kedatangan imigran.

Pemeriksaan tambahan untuk perbatasan dengan Austria saat ini berlaku hingga November sementara tindakan untuk Swiss, Polandia, dan Republik Ceko dijadwalkan akan tetap berlaku setidaknya hingga Desember.

Jerman telah memberi tahu Komisi Eropa dan negara-negara tetangga, yang semuanya merupakan bagian dari Wilayah Schengen, zona pergerakan bebas di seluruh Eropa, tentang rencananya untuk memberlakukan kontrol yang lebih ketat.

Peraturan untuk 29 negara Schengen menetapkan bahwa pemberlakuan kembali kontrol perbatasan di perbatasan internal harus diterapkan sebagai tindakan terakhir, dalam situasi luar biasa, dan harus menghormati prinsip proporsionalitas.

Faeser mengatakan pemerintah telah menyusun rencana untuk mengizinkan otoritas lokal untuk secara langsung menolak dan mengusir migran di perbatasan, sebuah tindakan yang dapat terbukti kontroversial dan dapat menghadapi gugatan hukum. Menteri dalam negeri tidak memberikan rincian apa pun.

Kanselir Jerman Olaf Scholz, di bawah tekanan dari sayap kanan, secara bertahap telah mempertajam retorikanya tentang imigran. Ia telah berjanji untuk mendeportasi imigran yang dituduh melakukan kejahatan serius.

Jerman mendeportasi 28 warga negara Afghanistan yang didakwa melakukan tindakan kriminal pada tanggal 30 Agustus, pertama kalinya memulai kembali praktik tersebut setelah Taliban kembali berkuasa di Afghanistan pada tahun 2021 setelah penarikan pasukan oleh Amerika Serikat.

2. Mencegah Masuknya Terosis ISIS

Foto/AP

Faeser mengatakan Jerman melampaui kendali Uni Eropa dan memperketat keamanan internal agar lebih siap menghadapi "migrasi ilegal" dan apa yang disebutnya "terorisme ISIS dan kejahatan serius".

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk melindungi orang-orang di negara kami dari hal ini," katanya, dilansir Al Jazeera.

Pada tahun 2023, jumlah orang yang mengajukan suaka di Jerman meningkat menjadi lebih dari 350.000, menandakan peningkatan sedikit lebih dari 50 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jumlah pencari suaka terbesar berasal dari Suriah, diikuti oleh Turki dan Afghanistan.

ISIS (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan penusukan di Solingen bulan lalu, sebuah insiden yang menurut para analis diperkirakan akan memicu xenofobia anti-imigran dan anti-Muslim di Jerman.

Suara yang menentang imigrasi telah cukup banyak tumbuh di Jerman sejak negara berpenduduk 84 juta orang itu secara otomatis memberikan suaka kepada sekitar satu juta warga Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia tahun 2022 saat menghadapi tantangan energi dan ekonomi.

Hampir 10 tahun lalu, Jerman dipuji oleh banyak orang sebagai mercusuar empati karena menerima lebih dari satu juta pengungsi, banyak dari Suriah, di bawah mantan Kanselir Angela Merkel. Namun, Jerman juga memiliki alasan ekonomi untuk mendorong imigrasi: Para ahli mengatakan negara itu membutuhkan sekitar 1,5 juta imigran setiap tahun karena tenaga kerjanya menurun karena masyarakat yang menua dan pertumbuhan populasi yang datar.

4. Perubahan Haluan Politik

Foto/AP

Berpegang pada campuran keluhan ekonomi dan budaya selama krisis biaya hidup, AfD sayap kanan sering menuduh pemerintah bersikap lunak terhadap imigran. Kemenangannya dalam pemilihan daerah bulan ini menandai kemenangan pertama bagi partai sayap kanan di Jerman sejak Perang Dunia II.

Imigrasi juga merupakan masalah utama di negara bagian Brandenburg, tempat pemilihan umum akan diadakan dalam dua minggu. Pemilihan federal akan diadakan tahun depan. Partai Sosial Demokrat (SPD) sayap kiri-tengah yang dipimpin Scholz dan Faeser akan berjuang untuk mempertahankan kendali di Brandenburg dalam uji coba sebelum pemungutan suara nasional.

"Konteks yang berubah ini dan terutama pemilihan umum yang akan datang dapat mendorong Jerman untuk memberlakukan lebih banyak pembatasan terhadap pencari suaka," kata Hannes Schammann, kepala Kelompok Penelitian Kebijakan Migrasi di Universitas Hildesheim di Jerman utara.

Semua partai demokrasi mengkhawatirkan kebangkitan populisme sayap kanan. Oleh karena itu, kita akan menyaksikan banyak pendekatan berbeda untuk mencegah pengungsi mencapai Jerman, katanya kepada Al Jazeera.

Profesor analisis kebijakan migrasi itu mengatakan langkah-langkah itu dapat memicu tantangan hukum yang berat, bahkan berpotensi berpuncak pada penghapusan pasal konstitusi Jerman yang menjamin hak suaka.

Ini bisa menjadi titik balik bagi citra diri Jerman pasca-Nazi sebagai rumah bagi hak asasi manusia. Ini tidak akan berhenti pada kebijakan migrasi, katanya.

Menurut Schammann, negara-negara tetangga Jerman mungkin juga bereaksi dengan menutup atau membatasi perbatasan mereka, yang dapat memperkuat apa yang disebut Benteng Eropa istilah yang berasal dari Perang Dunia II yang telah digunakan untuk merujuk pada kontrol benua itu atas perbatasan dan imigrasinya.

Menteri Dalam Negeri Austria Gerhard Karner menekankan setelah langkah-langkah Berlin pada hari Senin yang juga mencakup pengumuman bahwa 30.000 orang telah ditolak sejak Jerman menerapkan kontrol perbatasan parsial pada tahun 2023 bahwa negaranya tidak akan menerima migran yang ditolak oleh Jerman.

Tidak ada ruang untuk bermanuver di sana, katanya.

Eropa akan mencoba mempertahankan persatuan dengan mengorbankan pelanggaran konvensi internasional, kata Schammann, seraya menambahkan bahwa sebagian besar tekanan migrasi akan diarahkan kepada mereka yang datang dari Timur Tengah dan Afrika Utara karena jumlah imigrasi diperkirakan tidak akan turun.

Jika Jerman dan Eropa menolak tanggung jawab mereka dalam penerimaan pengungsi, ini akan mengguncang kepercayaan pada tatanan internasional di seluruh dunia.

Topik Menarik