Pemerintahan Ukraina Diguncang dari Dalam di Kala Perang

Pemerintahan Ukraina Diguncang dari Dalam di Kala Perang

Global | sindonews | Rabu, 4 September 2024 - 20:55
share

Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina Dmitry Kuleba mengajukan pengunduran dirinya ke parlemen nasional pada Rabu (4/9/2024). Itu diuyngkapkan Juru Bicara Ruslan Stefanchuk, di tengah pembersihan yang sedang berlangsung oleh pemimpin Ukraina Vladimir Zelensky.

Empat anggota kabinet lainnya; Wakil Perdana Menteri untuk Integrasi Eropa Olga Stefanishina, Menteri Industri Strategis Aleksandr Kamyshin, Menteri Kehakiman Denis Maliuski, dan Menteri Perlindungan Lingkungan Ruslan Strilets juga diberhentikan dari jabatan mereka oleh Zelensky pada hari Selasa. Perdana Menteri Denis Shmigal dilaporkan akan mempertahankan jabatannya.

Rumor tentang pengunduran diri Kuleba yang akan segera terjadi mulai beredar segera setelah perubahan lain dalam kabinet diumumkan.

Surat kabar Ukrainskaya Pravda sebelumnya mengklaim bahwa pengganti Kuleba yang paling mungkin adalah Andrey Sibiga, mantan duta besar yang digambarkan oleh media tersebut sebagai wakil kepala staf Zelensky dan wakil Kuleba sendiri. Prediksi pada Selasa malam mengutip seorang sumber di kantor Zelensky.

Pembersihan kabinet dilakukan setelah berakhirnya mandat presiden Zelensky dan parlemen Ukraina secara resmi. Konstitusi Ukraina hanya mengatur perpanjangan masa jabatan parlemen, tetapi Zelensky berpendapat bahwa darurat militer yang diumumkan pada Februari 2022 memungkinkannya untuk menunda semua pemilihan tanpa batas waktu.

Sementara itu, beberapa sumber di Kiev telah memberi tahu media Barat bahwa kepala staf Zelensky, produser film Andrey Yermak, secara de facto menjalankan negara. Kantor Zelensky membantahnya.

Rumor tentang kemungkinan Kuleba digulingkan telah beredar sejak Maret, menyusul pengunduran diri juru bicara Kementerian Luar Negeri Oleg Nikolenko, salah satu anak didiknya. Media Strana melaporkan bahwa Zelensky sangat tidak senang dengan layanan diplomatik, dan mempertimbangkan untuk mengganti Kuleba dengan penasihat kebijakan luar negerinya Igor Zhovkva.

Namun, rumor itu tidak membuahkan hasil, dan Kuleba terus menekan Barat agar memberi Kiev lebih banyak senjata, amunisi, dan uang tunai untuk melawan Rusia.

Jika keputusan diambil, Ukraina berhasil di lapangan. Jika tidak diambil, maka jangan mengeluh tentang Ukraina, mengeluhlah tentang diri Anda sendiri, kata Kuleba kepada menteri luar negeri Uni Eropa minggu lalu, menuntut keputusan yang berani dari blok tersebut. Kiev telah menyalahkan pembatasan penggunaan senjata yang disediakan oleh AS dan sekutunya atas memburuknya nasib garis depannya.

Setelah Brussels, Kuleba berangkat ke Polandia, di mana ia berhasil menyinggung tuan rumahnya dan negara kunci yang memasok Ukraina dengan bantuan Barat dengan menyebut wilayah Polandia tertentu sebagai tanah Ukraina dan menyatakan bahwa pemindahan etnis Ukraina dari wilayah Polandia pada tahun 1947 setara dengan pembantaian warga Polandia oleh nasionalis Ukraina yang digambarkan Warsawa sebagai genosida.

Topik Menarik