Polisi Tangkap Pemuda Suriah Pelaku Penusukan di Jerman

Polisi Tangkap Pemuda Suriah Pelaku Penusukan di Jerman

Global | okezone | Minggu, 25 Agustus 2024 - 14:49
share

SOLINGEN – Polisi Jerman telah menangkap seorang tersangka serangan penusukan yang menewaskan tiga orang dan melukai delapan lainnya di Solingen, sebelah barat Jerman. Pihak berwenang mengatakan pada Minggu, (25/8/2024) bahwa tersangka adalah seorang pria Suriah berusia 26 tahun.

Tersangka menyerahkan diri dan mengakui kejahatannya, kata polisi dan jaksa Duesseldorf dalam pernyataan bersama.

"Keterlibatan orang ini saat ini sedang dalam penyelidikan intensif," kata mereka, sebagaimana dilansir Reuters.

Rincian tersebut memberikan gambaran yang agak lebih lengkap dari sebuah laporan pada Sabtu, (24/8/2024) malam oleh seorang pejabat negara yang mengumumkan di televisi Jerman penangkapan pria yang telah dicari oleh pihak berwenang dalam 24 jam sejak serangan tersebut.

Serangan tersebut, yang diklaim dilakukan oleh kelompok ISIS, terjadi pada Jumat, (23/8/2024) malam di sebuah festival untuk merayakan 650 tahun sejarah kota Solingen.

Tersangka berafiliasi dengan sebuah rumah bagi para pengungsi di Solingen yang telah digeledah pada hari Sabtu, kata pihak berwenang.

Der Spiegel, mengutip sumber keamanan yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa pakaian tersangka telah berlumuran darah.Polisi menolak berkomentar langsung mengenai tersebut.

ISIS menggambarkan orang yang melakukan serangan itu sebagai "prajurit ISIS" dalam sebuah pernyataan di akun Telegramnya pada Sabtu: "Ia melakukan serangan itu sebagai balas dendam bagi umat Muslim di Palestina dan di mana pun." ISIS tidak segera memberikan bukti apa pun untuk pernyataannya dan tidak jelas seberapa dekat hubungan antara penyerang dan ISIS. Hendrik Wuest, perdana menteri negara bagian Rhine-Westfalen Utara, pada Sabtu menggambarkan serangan itu sebagai tindakan teror.

Topik Menarik