Daftar Keluarga Kamala Harris, Benarkah Kedua Orang Tua Harris Berpisah?

Daftar Keluarga Kamala Harris, Benarkah Kedua Orang Tua Harris Berpisah?

Global | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 18:43
share

NEW YORK - Kamala Harris, calon wakil presiden Amerika Serikat (AS) yang mengukir sejarah bagi Joe Biden dalam pemilihan 2020, diketahui berasal dari keluarga imigran. Latar belakang itulah yang ikut membentuk pandangan dan akar politiknya.

Diketahui dari CBS News, Harris, yang menjabat selama empat tahun sebagai senator AS dari California, dilantik pada 20 Januari 2021, sebagai wakil presiden wanita kulit hitam pertama dalam sejarah AS sekaligus yang pertama berdarah Asia Selatan.

Harris tumbuh dalam keluarga dengan ayah Jamaika dan ibu India. Ibunya, Shyamala Gopalan, beremigrasi dari India pada tahun 1960 untuk kuliah di University of California, Berkeley dan meraih gelar doktor di bidang endokrinologi. Ayahnya, Donald Harris, beremigrasi dari Jamaika pada tahun 1961 untuk kuliah di Berkeley. Kedua orang tuanya terlibat aktif dalam Gerakan Hak Sipil.

Orang tuanya bercerai saat Harris berusia 7 tahun. Harris menulis dalam memoarnya, "The Truths We Hold" bahwa mereka tidak bertengkar soal uang. Satu-satunya hal yang mereka pertengkarkan adalah siapa yang mendapatkan buku-buku. Meskipun ayahnya tetap menjadi bagian dari kehidupan mereka, Harris dan saudara perempuannya tinggal bersama ibu mereka yang menurutnya adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam membentuk kami menjadi wanita seperti sekarang.

Ayahnya, Donald Harris, adalah seorang profesor di Universitas Stanford tempat ia mengajar kelas ekonomi. Menurut biografinya di situs web Stanford, kariernya membawanya ke seluruh dunia dan ia telah menjabat sebagai konsultan ekonomi untuk Pemerintah Jamaika. Ia pensiun dari Stanford pada tahun 1998.

Meskipun Harris tidak banyak bercerita tentang ayahnya, ia sering menyebut ibunya, seorang ilmuwan kanker payudara ulung yang meninggal karena kanker usus besar pada tahun 2009. Ibu Harris sering membawanya ke India untuk mengunjungi keluarga mereka di sana.

"Ketika saya masih kecil mengunjungi kakek-nenek saya di India, saya akan bergabung dengan kakek saya dan teman-temannya dalam jalan-jalan pagi di sepanjang pantai saat mereka berbicara tentang pentingnya memperjuangkan demokrasi dan hak-hak sipil," tulisnya di Instagram. Harris berasal dari keluarga pejuang katanya di konvensi Partai Demokrat New Hampshire pada tahun 2019.

 

Maya Harris yang merupakan adik dari Kamala Harris, ia sangat bangga terhadap pencapaian sang kakak. Perempuan berusia 53 tahun itu selalu mendampingi Harris sepanjang perjalanan politiknya. Ia adalah ketua tim kampanye pencalonan presiden Harris dan keduanya sangat dekat.

"Saya rasa kebanyakan orang yang mengenal Maya akan mengatakan bahwa ia adalah salah satu orang terpintar yang mereka kenal," kata Kamala dalam sebuah wawancara dengan Politico. Fakta bahwa ia telah mengajukan diri untuk bekerja pada kampanye ini di tingkat yang sangat tinggi, dan ia adalah sosok yang selalu ia miliki, ia bekerja sepanjang waktu dan ia mungkin adalah orang yang paling keras, jika bukan salah satu pekerja keras dalam kampanye ini, Kamala merasa sangat diberkati.

Maya mengumumkan pada tahun 2020 bahwa ia telah berjuang melawan lupus selama tiga dekade terakhir. Ia memiliki seorang putri, Meena, yang sering berbagi foto bibinya Kamala, dan dua orang cucu. Maya dan Meena Harris, bersama dengan putri tiri Kamala, Ella Emhoff, menjadi pusat perhatian di Konvensi Nasional Demokrat untuk memperkenalkan Kamala Harris kepada bangsa.

Douglass Emhoff yang merupakan suami Kamala Harris berusia 56 tahun. Ia adalah seorang pengacara hiburan dan bekerja sebagai mitra di firma hukum DLA Piper yang mewakili klien dalam perselisihan litigasi bisnis, real estat, dan kekayaan intelektual yang rumit, menurut biodata perusahaannya. Ia berencana untuk mengajar di Sekolah Hukum Universitas Georgetown sementara Harris menjabat sebagai wakil presiden. Harris bertemu Emhoff pada kencan buta yang diatur oleh salah satu temannya, dan mereka menikah pada tahun 2014 di Pengadilan Santa Barbara.

Emhoff telah mendukung istrinya sepanjang karier politiknya dan upayanya untuk menduduki Gedung Putih. Emhoff akan menjadi orang kedua pertama di negara ini, yang disebutkan oleh Biden selama penampilan pertamanya dengan calon wakil presiden yang baru dipilihnya pada bulan Agustus 2020. 

 

Doug, kamu harus belajar apa artinya menjadi pendobrak batasan dalam pekerjaan yang akan kamu jalani ini," kata Biden dalam pidatonya di Delaware.

Emhoff, yang lahir di Brooklyn, memiliki dua orang anak, Cole dan Ella, yang dinamai berdasarkan legenda jazz John Coltrane dan Ella Fitzgerald dari pernikahan sebelumnya dengan Kerstin Emhoff, yang disebut Harris sebagai sahabat karib. Anak-anak tersebut menyebut Harris sebagai "Momala," dan Harris mengatakan bahwa mereka adalah "sumber cinta dan kegembiraan murni yang tak ada habisnya."

"Mereka adalah anak-anak yang cerdas, berbakat, dan lucu yang telah tumbuh menjadi orang dewasa yang luar biasa," kata Harris dalam sebuah wawancara dengan Elle Magazine. 

"Saya sudah terpikat pada Doug, tetapi saya yakin Cole dan Ella-lah yang menarik saya." lanjutnya

Cole adalah lulusan Colorado College, dan menurut profil LinkedIn-nya, ia adalah asisten eksekutif di Plan B Entertainment. Kakaknya, Ella, adalah seorang mahasiswa di Parsons School of Design dan ia adalah seorang perajut yang rajin, menurut akun Instagram-nya.

Topik Menarik