Heboh, Anggota DPR Inggris Serukan Tangkap Demonstran yang Teriak Allahu Akbar

Heboh, Anggota DPR Inggris Serukan Tangkap Demonstran yang Teriak Allahu Akbar

Global | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 10:51
share

Anggota Parlemen Inggris Robert Jenrick memicu kehebohan sekaligus kemarahan setelah menyerukan polisi menangkap para demonstran yang meneriakkan "Allahu Akbar".

Seruan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Konservatif itu menyampaikan seruannya selama wawancara dengan stasiun televisi Sky News .

Jenrick mengkritik cara polisi menangani demonstran pro-Palestina, yang sebagian besar berlangsung damai meskipun jumlah pesertanya sangat besar dibandingkan dengan kerusuhan baru-baru ini di seluruh Inggris.

"Saya sangat kritis terhadap polisi di masa lalu, khususnya mengenai sikap beberapa pasukan polisi terhadap protes yang kita lihat sejak 7 Oktober," kata Jenrick.

"Saya pikir sangat salah jika seseorang dapat meneriakkan 'Allahu Akbar' di jalan-jalan London dan tidak segera ditangkap," ujarnya.

Komentarnya itu langsung dikritik oleh rekan sejawatnya dari Partai Konservatif, Sayeeda Warsi, yang menulis di X: "Setiap hari sebelum kami memulai urusan Parlemen, kami salat dan memuji Tuhankami mengucapkan versi Parlemen Allahu Akbar sebagai inti demokrasisebuah proses yang melibatkan Robert Jenrick. Bahasa Jenrick ini lebih merupakan retorika memecah belah yang biasa dia ucapkania benar-benar alat."

Kemudian, saat berbicara di Times Radio , Jenrick tetap pada pernyataannya.

"Saya pada dasarnya tidak setuju dengan Sayeeda Warsi. Jika seorang politikus seperti saya, seorang pemimpin politik yang bercita-cita menjadi pemimpin oposisi negara kita, tidak dapat berbicara tentang masalah yang tidak diragukan lagi yang kita hadapi sebagai negara dengan ekstremisme Islam karena takut dicap sebagai rasis oleh individu seperti Sayeeda Warsi, maka itu adalah situasi yang sangat meresahkan," katanya, seperti dikutip New Arab , Kamis (8/8/2024).

Pernyataan Jenrick juga menuai kritik dari anggota Parlemen dari Partai Buruh dan lembaga Muslim Inggris, yang menuduh anggota parlemen Partai Konservatif tersebut telah memicu ketegangan rasial, terutama karena minggu lalu massa sayap kanan menargetkan Muslim dan Masjid dengan kekerasan.

Anggota Parlemen Partai Buruh Naz Shah mengatakan di X: "Ini adalah ketidaktahuan total dan Islamofobia yang sudah menjadi buku teks dari Robert Jenrick. Secara harfiah, ini menyamakan setiap Muslim di dunia dengan ekstremisme. Itu [Allahu Akbar] adalah ucapan Islam dasar yang diucapkan setiap Muslim di dunia dalam salat."

Dia menambahkan: "Bayangkan dalam iklim ini, entah bersikap bodoh atau sengaja mencoba menstigmatisasi semua Muslim. Dia harus meminta maaf dan berbicara kepada komunitas Muslim dan belajar lebih banyak tentang iman kita."

Afzal Khan, anggota Parlemen dari Partai Buruh lainnya, berkata: "Hari yang berbeda, anggota senior Partai Konservatif lainnya bersikap Islamofobia. Allahu Akbar berarti Tuhan Maha-Besarpadanan Muslim untuk haleluya. Keyakinan Jenrick untuk tampil di televisi nasional dan mengatakan orang-orang harus ditangkap karena mengatakan Allahu Akbar menyingkapkan prasangkanya yang mengakar terhadap Muslim."

Lord Nazir Ahmed, anggota House of Lords, memposting di X: "Allahu Akbar berarti 'Tuhan Itu Agung', itu adalah awal dan bagian dari setiap salat Muslim 5 kali sehari. Robert Jenrick, komentar Anda kepada Sky News di saat ketegangan komunal sedang tinggi, memicu Islamofobia. Jangan mencoba untuk 'memenuhi syarat' komentar Andaminta maaf saja!"

Sementara itu, Dewan Muslim Inggris mengatakan bahwa komentar Jenrick gagal menunjukkan kepemimpinan atau meyakinkan masyarakat di saat "ketika ketakutan terasa nyata".

Dalam sebuah pernyataan, badan tersebut mengatakan: "Sebaliknya, dengan menyerukan frasa keagamaan yang sudah lumrah untuk menjamin penangkapan adalah jenis bahasa yang memecah belah yang kita harapkan disebarkan oleh sebagian media dan politisi, telah memberanikan para penjahat sayap kanan yang kita lihat di jalan-jalan kita hari ini."

Badan tersebut medesak Jenrick untuk meminta maaf, menarik kembali komentarnya."Dan berbicara kepada umat Muslim biasa untuk memahami mengapa pernyataannya begitu keterlaluan. Daripada mengobarkan ketegangan, dia harus fokus pada cara-cara untuk menyatukan masyarakat," katanya.

Islamofobia telah menjadi masalah yang signifikan dan berkelanjutan dalam Partai Konservatif.

Pada tahun 2018, All-Party Parliamentary Group on British Muslims merumuskan definisi Islamofobia setelah konsultasi ekstensif dengan akademisi, pakar, dan komunitas agama.

Meskipun demikian, Partai Konservatif secara khusus menolak untuk mengadopsi definisi ini, dengan alasan kekhawatiran "kebebasan berbicara" dan potensi konflik dengan Undang-Undang Kesetaraan 2010.

Namun, para kritikus berpendapat bahwa keengganan partai untuk menerima definisi formal tersebut merupakan cerminan dari kegagalan yang lebih luas untuk mengatasi sentimen anti-Muslim di dalam jajarannya.

Partai tersebut telah menerima kembali anggota dewan yang sebelumnya diskors karena dugaan Islamofobia dan rasisme tanpa penyelidikan atau penjelasan yang transparan.

Topik Menarik