Tentara Ukraina Tidak Mau Bertempur Melawan Rusia

Tentara Ukraina Tidak Mau Bertempur Melawan Rusia

Global | sindonews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:05
share

Sebagian besar prajurit di angkatan darat Ukraina yang merupakan program wajib militer tidak ingin berada di garis depan.

Demikian dilaporkan stasiun televisi Belgia (RTBF). Dalam sebuah laporan, RTBF meninjau rekaman dan wawancara dari kantor berita Prancis AFP yang direkam minggu lalu di tempat pelatihan Batalyon Serangan ke-49 Carpathian Sich di Ukraina timur.

Pelatihan yang mereka terima di pusat mobilisasi sama sekali tidak berguna, kata petugas pers batalion Vasilina Nakonechna, menjelaskan bahwa unit tersebut telah memaksa wajib militer untuk menjalani pelatihan dasar lagi, dilansir RT.

"Jangan arahkan senjatamu ke punggung temanmu," seorang instruktur terdengar berteriak di belakangnya.

Menurut Nakonechna, unit tentara Ukraina "sengit" bersaing untuk mendapatkan wajib militer. "Kami pertama-tama memilih yang termuda," jelasnya. "Kami menatap mata mereka untuk melihat siapa yang ingin maju ke garis depan." Sebagian besar pria, katanya, tidak melakukannya.

Carpathian Sich adalah unit yang seluruhnya terdiri dari sukarelawan pada awal konflik dengan Rusia. "Mereka semua tewas atau terluka" sekarang, katanya.

Salah satu instruktur, seorang sukarelawan asing yang diidentifikasi hanya sebagai 'Ares', masih memiliki peluru di kakinya dan gangguan stres pascatrauma. "Saya lelah," katanya kepada AFP. "Semua veteran tewas, atau terluka, atau putus asa, seperti saya."

Tentara Ukraina telah hancur lebur oleh pertempuran selama dua setengah tahun, menurut AFP. Pada bulan Mei, pemerintah di Kiev mengubah aturan mobilisasi untuk merekrut lebih banyak orang terkadang dengan kekerasan. Salah satu rekrutan adalah seorang tukang pos berusia 24 tahun dari Ukraina barat yang mengatakan bahwa ia pergi untuk memperbarui registrasi militernya tetapi malah dikirim ke garis depan. Yang lainnya diculik dari jalan saat berangkat kerja.

Tidak semua orang cocok untuk bertempur, kata salah satu instruktur, Farik, kepada AFP. Mengapa harus memaksa orang yang tidak mau bertempur?

Wajib militer yang tidak mau bertempur tidak berguna, kata Nakonechna. Menurutnya, pemerintah di Kiev mulai memahami bahwa motivasi adalah kuncinya dan dapat mengubah aturan mobilisasi sesuai dengan itu.

Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin memperkirakan bahwa Ukraina kehilangan 50.000 tentara setiap bulan yang sekitar setengahnya tidak dapat dipulihkan sementara hanya mampu merekrut tidak lebih dari 30.000 pengganti.

Topik Menarik