Apa AI yang Beradaptasi Sendiri? Teknologi Baru Rusia yang Mampu Menjadi Pengubah Arah Perang di Masa Depan

Apa AI yang Beradaptasi Sendiri? Teknologi Baru Rusia yang Mampu Menjadi Pengubah Arah Perang di Masa Depan

Global | sindonews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:30
share

Sekelompok ilmuwan Rusia telah mengembangkan model kecerdasan buatan (AI) baru yang mampu beradaptasi sendiri dengan tugas dan konteks baru tanpa campur tangan manusia. Kedepannya, itu akan menjadi teknologi yang menjadi pengubah permainan perang di masa depan.

Apa AI yang Beradaptasi Sendiri? Teknologi Baru Rusia yang Mampu Menjadi Pengubah Arah Perang di Masa Depan

Model tersebut memungkinkan para pengembang mengatasi salah satu keterbatasan utama dalam pembelajaran mesin kontekstual, kata tim dari Lab Penelitian AI T-Bank (sebelumnya, Tinkoff Bank) dan Institut Penelitian Kecerdasan Buatan (AIRI) yang berpusat di Moskow dalam sebuah makalah yang dipublikasikan daring.

Model yang sudah ada sebelumnya, meskipun mampu belajar melakukan tugas baru saat diberi cukup data, masih dibatasi oleh serangkaian tindakan yang telah ditetapkan sebelumnya dan tetap, para peneliti menjelaskan. Pengenalan "ruang tindakan" baru kemudian akan membutuhkan serangkaian data baru, yang seringkali cukup luas, serta pembelajaran ulang model. "Keterbatasan ini akan membuat adaptasi ulang menjadi upaya yang mahal untuk beberapa aplikasi," kata mereka, dilansir RT.

Tim tersebut mengambil model pembelajaran mesin khusus yang disebut Algorithm Distillation (AD) dan memodifikasinya lebih lanjut untuk memenuhi tujuan yang ditetapkan. Metode AD melatih AI untuk melakukan tugas dengan memprediksi tindakan secara autoregresif sambil menggunakan kumpulan data riwayat pembelajarannya sebagai konteks.

Model Rusia tersebut dijuluki 'Headless-AD' dan dipresentasikan pada Konferensi Internasional tentang Pembelajaran Mesin di Wina minggu ini.

Pendekatan Headless-AD berarti model tersebut memperoleh kemampuan untuk mempelajari dan menerapkan tindakan baru sebagai respons terhadap tugas baru tanpa memerlukan masukan tambahan atau pembelajaran ulang oleh manusia.

Menurut tim tersebut, AI mereka mampu melakukan tindakan lima kali lebih banyak daripada yang awalnya diajarkan. Para peneliti mengatakan hal ini dapat memiliki aplikasi yang luas dari teknologi luar angkasa hingga asisten rumah pintar.

Model seperti itu dapat diajarkan beberapa tindakan dasar pada data umum dan kemudian beradaptasi dengan kondisi spesifik dari konteks tertentu, menurut laporan tim tersebut. Beberapa media Rusia kemudian menyarankan bahwa model AI baru tersebut mungkin cukup pintar untuk lulus dari apa yang disebut uji kopi yang kabarnya gagal oleh ChatGPT yang sekarang terkenal.

Pertama kali diajukan oleh salah satu pendiri Apple Steve Wozniak, pengujian tersebut mengharuskan mesin AI untuk masuk ke rumah tangga Amerika rata-rata dan mencari tahu cara membuat kopi, termasuk mengidentifikasi mesin kopi, mencari tahu apa fungsi tombol, menemukan lemari kopi.

Masalah bagi sebagian besar AI adalah bahwa meskipun rumah tangga rata-rata memiliki banyak kesamaan, semuanya masih sedikit berbeda, yang biasanya mengharuskan mesin AI untuk diajarkan pada kumpulan data tertentu yang terkait dengan rumah tangga tertentu agar dapat melakukan tugas di sana.

Melakukan tugas yang sama di rumah tangga baru akan memerlukan pembelajaran ulang pada kumpulan data baru. Namun, AI Rusia yang mampu beradaptasi sendiri berpotensi mampu melaksanakan tugasnya, demikian yang disarankan laporan tersebut.

Topik Menarik