Israel: Iran Dalang Sabotase Kereta Api Prancis Menjelang Olimpiade

Israel: Iran Dalang Sabotase Kereta Api Prancis Menjelang Olimpiade

Global | sindonews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 14:25
share

Iran telah mengatur serangan sabotase terhadap jaringan kereta api berkecepatan tinggi Prancis, yang melumpuhkan lalu lintas menjelang Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris. Tudingan itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz.

“Sabotase infrastruktur kereta api di seluruh Prancis menjelang Olimpiade Paris 2024 direncanakan dan dilaksanakan di bawah pengaruh poros kejahatan Iran dan Islam radikal,” tulis Katz di X (sebelumnya Twitter), dilansir RT.

Katz menambahkan bahwa ia memperingatkan Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne bahwa “berdasarkan informasi yang dimiliki oleh Israel, Iran merencanakan serangan teroris terhadap delegasi Israel dan semua peserta Olimpiade.”

“Peningkatan tindakan pencegahan harus dilakukan untuk menggagalkan rencana mereka,” tulisnya.

Operator kereta api nasional Prancis, SNCF, mengatakan pada hari Jumat bahwa pembakar membakar kotak sinyal di sepanjang jalur yang menghubungkan Paris dengan beberapa kota besar, termasuk Lille, Bordeaux, dan Strasbourg. “Serangan besar-besaran” tersebut mengganggu lalu lintas menjelang Olimpiade dan menyebabkan penundaan dan pembatalan, yang memengaruhi 800.000 penumpang selama akhir pekan, kata operator tersebut.

Perdana Menteri Prancis Gabriel Attal mengatakan pada hari Jumat bahwa “tindakan sabotase pada fasilitas SNCF dilakukan secara terencana dan terkoordinasi.” Ia menulis di X bahwa badan intelijen dan polisi dikerahkan untuk menemukan para pelaku.

Baca Juga: Apa itu DEI? Istilah yang Digunakan Partai Republik untuk Menyerang Kamala Harris

Sejourne menegaskan kembali bahwa atlet Israel “diterima di Prancis,” meskipun ada ketegangan seputar perang di Gaza dan protes pro-Palestina. France 24 melaporkan bahwa delegasi Israel diberikan keamanan 24 jam dengan pengawalan polisi yang ditingkatkan.

Menurut The Telegraph, Israel akan mengirim agen Shin Bet bersenjata ke Paris untuk memberikan keamanan tambahan bagi para atlet dan pejabat Olimpiadenya.

Topik Menarik