Mencekam! Ini Suasana Genting di Bolivia yang Terancam Kudeta

Mencekam! Ini Suasana Genting di Bolivia yang Terancam Kudeta

Global | okezone | Kamis, 27 Juni 2024 - 06:33
share

BOLIVIA Presiden Bolivia Luis Arce pada Rabu (26/6/2024) mengecam upaya kudeta setelah tentara dan tank dikerahkan di luar gedung-gedung pemerintah dan mencoba merobohkan pintu istana presiden.

Wartawan AFP melihat tentara dan tank memasuki Plaza Murillo, sebuah alun-alun bersejarah tempat kantor kepresidenan dan Kongres berada. Salah satu tank mencoba mendobrak pintu besi istana presiden.

Berbicara di luar kantor kepresidenan, dikelilingi oleh tentara dan delapan tank, Panglima Militer Jenderal Juan Jose Zuniga membenarkan pemberontakannya melawan pemerintah.

Angkatan Bersenjata bermaksud merestrukturisasi demokrasi, menjadikannya demokrasi yang sejati dan tidak dijalankan oleh segelintir orang selama 30, 40 tahun, ujarnya.

Tak lama kemudian, wartawan AFP melihat tentara dan tank mundur dari alun-alun.

Arce mendesak rakyat Bolivia untuk berorganisasi dan melakukan mobilisasi melawan kudeta demi demokrasi dalam pesan yang disiarkan televisi kepada negara tersebut bersama para menterinya di dalam istana presiden.

Mantan presiden Evo Morales menulis di X bahwa kudeta sedang terjadi dan juga mendesak mobilisasi nasional untuk membela demokrasi.

Rumor telah beredar sejak Selasa (25/6/2024) bahwa Zuniga berada di ambang pemecatan.

Topik Menarik