6 Negara dengan Populasi Muslim Tinggi yang Melarang Penggunaan Cadar

6 Negara dengan Populasi Muslim Tinggi yang Melarang Penggunaan Cadar

Global | sindonews | Rabu, 26 Juni 2024 - 22:22
share

Banyak negara dengan mayoritas Muslim justru melarang penggunaan cadar. Parahnya, banyak juga negara justru melarang penggunaan hijab. Sebagian besar karena alasan budaya dan keamanan.

Pelarangan penggunaan hijab atau pun cadar tersebut di beberapa negara Muslim kerap memicu kontroversi. Banyak pihak menyebut hal tersebut sebagai pelanggaran hak asasi manusia.

6 Negara dengan Populasi Muslim Tinggi yang Melarang Penggunaan Cadar

1. Tajikistan

Foto/AP

Negara Tajikistan di Asia Tengah secara resmi melarang pemakaian jilbab dan pakaian asing lainnya pada pekan ini. Itu ketika parlemen negara tersebut meloloskan undang-undang baru yang mengatur pakaian Islami dan perayaan Idul Fitri.

RUU tersebut, yang disetujui oleh majelis tinggi parlemen, Majlisi Milli, pada 19 Juni 2024, muncul setelah bertahun-tahun diberlakukannya tindakan keras tidak resmi terhadap hijab di negara mayoritas Muslim tersebut.

Berdasarkan undang-undang baru, individu yang mengenakan jilbab atau pakaian keagamaan terlarang lainnya dapat dikenakan denda yang besar hingga 7.920 somoni (sekitar USD700). Perusahaan yang mengizinkan karyawannya mengenakan pakaian terlarang berisiko dikenakan denda sebesar 39.500 somoni ($3.500). Pejabat pemerintah dan pemimpin agama akan menghadapi denda yang lebih besar yaitu 54.000-57.600 somoni ($4.800-$5.100) jika ditemukan melakukan pelanggaran.

Melansir Marroco News, Tajikistan dilanda masuknya pakaian Islami dari Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir, yang dianggap pihak berwenang terkait dengan ekstremisme dan ancaman terhadap identitas budaya negara tersebut. Dalam pidatonya di bulan Maret, Presiden Emomali Rahmon menyebut hijab sebagai pakaian asing. Pemerintah telah lama mempromosikan pakaian tradisional nasional Tajikistan sebagai alternatif.

Undang-undang baru ini mencerminkan peningkatan pembatasan tidak resmi Tajikistan terhadap pakaian Islami. Sejak tahun 2007, hijab telah dilarang bagi pelajar, dan larangan tersebut kemudian meluas ke semua lembaga publik. Pihak berwenang juga secara informal melarang pria berjanggut lebat, dengan adanya laporan bahwa polisi secara paksa mencukur ribuan janggut selama satu dekade terakhir.

Organisasi hak asasi manusia mengkritik larangan hijab di Tajikistan sebagai pelanggaran kebebasan beragama. Dengan lebih dari 98 populasi Muslim, undang-undang tersebut kemungkinan akan menghadapi penolakan yang signifikan dari masyarakat Tajikistan ketika undang-undang tersebut mulai berlaku.

Pemerintah Tunisia telah melarang pemakaian niqab cadar yang menutupi seluruh wajah di lembaga-lembaga publik dengan segera, dengan alasan keamanan sejak 5 Juli 2019.

Keputusan tersebut, yang dilaporkan di media pemerintah, diambil pada saat keamanan meningkat di negara tersebut menyusul dua bom bunuh diri di ibu kota, Tunis. Saksi mata mengatakan salah satu pelaku bom menyamar dengan mengenakan niqab. Kementerian Dalam Negeri membantah hal ini dan mengatakan dalang pemboman tersebut meledakkan dirinya pada hari Selasa untuk menghindari penangkapan.

Pada tahun 2011, perempuan diizinkan mengenakan jilbab dan niqab di Tunisia setelah larangan selama puluhan tahun di bawah pemerintahan presiden sekuler Zine El Abidine Ben Ali dan Habib Bourguiba, yang menolak segala bentuk pakaian Islami.

Pada bulan Februari 2014, menteri dalam negeri menginstruksikan polisi untuk meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan niqab sebagai bagian dari tindakan anti-terorisme untuk mencegah penggunaannya sebagai penyamaran.

3. Kosovo

Foto/AP

Dewan Komunitas Islam Kosovo telah meminta Kementerian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi, untuk menghapus larangan memakai simbol agama di sekolah menengah setelah foto tanda larangan hijab di pintu masuk sebuah sekolah menengah di Gjakova/Djakovica menuai kritik .

Melarang penggunaan jilbab di sekolah mencerminkan pola pikir masa lalu, tulis Dewan Komunitas Islam dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Prinsip agama tidak merusak atau menimbulkan risiko bagi masyarakat. Sebaliknya mereka mendidik, mengajar dan memuliakan, tambah pernyataan itu, meminta kementerian untuk menghapus pasal dalam kode etik dan tindakan disipliner untuk sekolah menengah.

Siswa tidak diperbolehkan memakai seragam keagamaan, bunyi instruksi tersebut.

Konstitusi Kosovo mendefinisikan negaranya sebagai negara sekuler, netral dalam hal keyakinan agama, yang memisahkan negara dari agama. Undang-undang tentang Pendidikan Pra-Universitas mewajibkan lembaga pendidikan publik untuk menahan diri dari pengajaran agama atau kegiatan lain yang menyebarkan agama tertentu.

Selain itu, penggunaan simbol agama di sekolah menengah dilarang berdasarkan instruksi administratif yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan.

4. Azerbaijan

Foto/AP

Meski 97 persen warga Azerbaijan mengaku beragama Islam, namun jumlah mereka yang secara aktif mengamalkan agama tersebut jauh lebih kecil dan negara ini bangga dengan tradisi sekulernya.

Namun sejak runtuhnya Uni Soviet, ketaatan beragama semakin meningkat. Meskipun tidak ada yang mencatat statistik mengenai masalah ini, peningkatan nyata dalam jumlah perempuan yang mengenakan jilbab telah menjadi topik hangat di kalangan warga Azerbaijan. Bersamaan dengan itu, menurut para pemakai hijab, muncul reaksi balik.

Sekarang, masyarakat dapat menjalankan agamanya dengan bebas, dan mereka yang ingin menutup aurat mempunyai pilihan untuk melakukannya, Sadagat, pemilik toko pakaian Islami di Sumgayit, mengatakan kepada Eurasianet. Namun dia mengatakan bahwa tekanan sosial, terkait persepsi umum yang mengaitkan hijab dengan ekstremisme, masih tetap ada. Beberapa perempuan akhirnya melepas jilbab, hanya untuk menghindari perhatian ekstra di depan umum, katanya.

Pemilik perusahaan pakaian Islami lainnya, di Baku, mengatakan banyak perempuan berjilbab datang ke tokonya untuk melamar pekerjaan karena mereka mengalami diskriminasi di tempat lain. Mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan di mana pun, jadi mereka melamar pekerjaan di toko yang menjual jilbab, katanya kepada Eurasianet.

Konstitusi Azerbaijan menjamin kebebasan beragama, meski ada banyak keberatan. Ritual keagamaan boleh dilakukan dengan bebas sepanjang tidak mengganggu ketertiban umum dan tidak bertentangan dengan kesusilaan umum, bunyi Pasal 48.

Anak perempuan juga secara informal dilarang mengenakan jilbab di sekolah. Pada tahun 2011, aktivis agama mengorganisir serangkaian protes yang menuntut pemerintah menghapus larangan tersebut, namun tidak berhasil. Larangan tersebut tetap tidak tersentuh.

Pada saat yang sama, masyarakat Azerbaijan masih sangat sekuler dan waspada terhadap hijab. Ketakutan tersebut semakin meningkat dengan meningkatnya jumlah wisatawan dari Iran dan negara-negara Arab dalam beberapa tahun terakhir.

5. Kazakhstan

Foto/AP

Pemerintah Kazakhstan telah melarang jilbab bagi siswa dan guru di sekolah pada Oktober 2023. Para pejabat menekankan perlunya melestarikan sekularisme, sementara itu beberapa anak perempuan putus sekolah sebagai bentuk protes.

Persyaratan seragam sekolah melarang pemakaian jilbab, karena atribut, simbol, elemen apa pun dalam satu atau lain cara menyiratkan propaganda dogma yang terkait. Menjamin kesetaraan semua agama di depan hukum, prinsip-prinsip sekularisme melakukan tidak mengizinkan keuntungan dari agama apa pun, demikian bunyi pernyataan di bagian Untuk warga negara di situs web pemerintah Kazakh, tertanggal 16 Oktober 2023.

Pernyataan itu juga melarang hijab bagi guru sekolah. Namun ditegaskan larangan tersebut tidak berlaku di luar sekolah.

Menurut angka resmi, hampir 70 penduduk Kazakhstan menganut agama Islam. Namun baik pendukung maupun penentang larangan tersebut dengan cepat menyatakan diri. Para pendukungnya menekankan bahwa Kazakhstan adalah negara sekuler dan oleh karena itu harus menghindari pengistimewaan terhadap agama tertentu. Namun para penentangnya percaya bahwa pembatasan tersebut melanggar prinsip kebebasan hati nurani, dan beberapa pihak telah mengambil tindakan ekstrim untuk memprotes larangan tersebut.

6. Kyrgyzstan.

Foto/AP

Berlatar belakang kampanye presiden, perdebatan di Kyrgyzstan mengenai posisi Islam dalam kehidupan publik semakin memanas sejak Oktober 2011.

Perdebatan ini berpusat pada upaya kelompok masyarakat sipil Muslim untuk memungkinkan siswi mengenakan jilbab di sekolah umum. Kampanye ini mengadu domba dua badan pemerintah, sekaligus memicu perdebatan di kalangan liberal mengenai batas-batas yang memisahkan masjid dan negara.

Kyrgyzstan bukan satu-satunya negara pasca-Soviet yang berpenduduk mayoritas Muslim yang bergulat dengan isu-isu terkait hak-hak beragama. Azerbaijan, khususnya, juga dilanda kontroversi jilbab. Meskipun penganut agama di Kyrgyzstan di masa lalu telah memperjuangkan hak siswa untuk mengenakan jilbab, tahun ini mereka menerima dukungan dari Muftiate, sebuah badan pemerintah yang mengawasi kehidupan spiritual umat Islam.

Perwakilan Mutakallim menuduh Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan menerapkan larangan rahasia terhadap jilbab, dan menambahkan bahwa tindakan tersebut melanggar jaminan konstitusi atas kebebasan beragama dan perlindungan terhadap diskriminasi. Pejabat kementerian dengan tegas membantah larangan tersebut, dan mengatakan bahwa satu-satunya alasan jilbab mungkin tidak diperbolehkan oleh beberapa guru atau administrator adalah karena jilbab bukan bagian dari seragam resmi sekolah umum untuk siswa perempuan.

Topik Menarik